Wednesday, June 17, 2015

Ini Cara Mazda Bikin Mobil Kian Irit BBMW

Ini Cara Mazda Bikin Mobil Kian Irit BBMWLondon - Mazda berhasrat untuk menaikkan tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar (BBM) mobil bermesin bensin buatannya dari 40 persen menjadi 60 persen pada 2020. Pabrikan ini akan menerapkan teknologi baru yang disebut homogeneous charge compression ignition (HCCI).

Seperti dilaporkan Autocar, Rabu (17/6/2015) adalah Kepala Penelitian dan Pengembangan Mazda Eropa, Kenichiro Saruwatari, yang mengungkapkan hal itu. Ia mengatakan, dengan teknologi HCCI itu maka kompresi mesin akan naik dari sekitar 14:1 menjadi 18:1.

Dengan naiknya kompresi tersebut maka proses pembakaran BBM di ruang bakar mesin juga semakin sempurna. Walhasil ketukan di mesin pun tak akan terjadi.

“Tujuan penggunaan teknologi ini adalah untuk menggabungkan emisi bersih dari mesin bensin dengan tingkat efisiensi mesin diesel,” ucapnya.

Menurutnya peningkatan kadar efisiensi BBM ini merupakan bagian dari program efisiensi SKYACTIV. Terkait program ini, Mazda juga melakukan upaya untuk mengurangi panas yang hilang melalui sistem pembuangan.

Panas yang musnah itu mencapai 30 persen dari energi bahan bakar. “Kami sedang mencari beberapa solusi, tetapi kami juga belum bisa menjelaskan hal itu sekarang,” papar Saruwatari.

Upaya Mazda untuk meningkatkan efisiensi konsumsi BBM mobil, secara intensif dimulai 2002 lalu, yakni di saat meluncurkan Mazda 6. Kemudian crossover Mazda CX-5. “Arah SKYACTIV tidak berubah,” ujarnya.

Mazda baru-baru ini mengumumkan kemitraan dengan Toyota, sehingga membuka peluang untuk pengembangan lebih jauh dari mobil berteknologi plug-in hybrid.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment