Wednesday, June 17, 2015

Beda Lho, Arti Ngedim Lampu Mobil di Indonesia dan Inggris

Beda Lho, Arti Ngedim Lampu Mobil di Indonesia dan InggrisJakarta - Di Indonesia lampu dim sering diartikan, seorang pengendara tengah meminta jalan kepada pengendara lain. Sedangkan lampu hazard kerap digunakan pengendara saat berada dalam situasi membahayakan. Tapi Otolovers tahu tidak sih, rupanya penggunaan lampu dim di Inggris itu memiliki arti yang berbeda dengan Indonesia.

Menurut warga negara Indonesia yang telah lama tinggal di Inggris Muhammad Yusuf Arifin, selain berbeda dengan ketertiban berkendara saat di jalanan, tanda-tanda saat berkendara juga berbeda.

"Saat aku ingin mendahului kendaraan lain, kendaraan di depan aku memberikan lampu dim. Aku langsung mengambil jalan tersebut, ternyata kendaraan di depan ku tidak memberi jalan dan aku langsung dimarahi," katanya.

"Awalnya aku merasa aneh, kok aku dimarahi? Aduh, ternyata aku baru sadar di Indonesia penggunaan lampu dim di Indonesia memiliki arti yang berbeda," tambahnya.

Di Inggris, lanjut Yusuf menceritakan, lampu dim digunakan pengendara untuk memberikan jalan kepada pengendara yang ingin berkendara lebih dulu. Setelah melewati kendaraan yang dilewati, pengendara langsung memberikan tanda lampu hazard dua kali.

"Jadi setelah kita melewati kendaraan lain, kita memberikan tanda lampu hazard dua kali. Sebagai ungkapan terima terima kasih karena kita diizinkan mendahuluinya," ujarnya.

Hal ini mirip seperti di Jepang, ketika pengendara mobil lain menyalip, maka si penyalip tadi akan memberikan lampu hazard berkedip beberapa kali sebagai ucapan terima kasih.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment