Friday, June 19, 2015

Kualitas Kia dan Hyundai Naik, Merek Asal Jepang Tergeser

Kualitas Kia dan Hyundai Naik, Merek Asal Jepang TergeserCalifornia - Dua produsen mobvil asal Korea Selatan, Hyundai dan Kia, telah berhasil naik peringkat dalam hal kualitas bidang manufaktur mobil dalam JD Power and Associates Initial Quality Study 2015. Kenaikan periungkat dua pabrikan Korea itu juga menunjukan dominasi pabrikan Jepang selama beberapa tahun sebelumnya telah tergeser.

Seperti dilaporkan USA Today, Jumat (19/6/2015), merek Kia berada di urutan kedua setelah merek asal Jerman Porsche. Adapun Hyundai berada di urutan keempat setelah Jaguar.

"Kami percaya laporan JD Power tidak meninggalkan keraguan bahwa Kia membangun kendaraan kelas dunia, dan hasilnya memuaskan terutama sebagai studi IQS benar-benar mencerminkan suara pelanggan kami," kata Michael Sprague, Executive Vice President Kia Motors Amerika.

Sementara itu, JD Power menyebut merek Jepang, secara kolektif, saat ini berada di bawah rata-rata industri untuk pertama kalinya dalam 29 tahun. Dalam survey kali ini, diantara merek asal Jepang, Infiniti dari Nissan, yang masih mencatatkan kenaikan reputasi kualitas tinggi.

Merek tersebut berada di urutan kelima, atau naik dari tahun lalu. "Selama ini, merek Jepang telah dilihat oleh banyak orang sebagai standar emas dalam kualitas kendaraan," kata Renee Stephens, seorang wakil presiden Power.

"Sementara mobil Jepang terus melakukan perbaikan, kita melihat merek lain, terutama merek Korea, benar-benar mempercepat laju peningkatan yang lebih besar,” ucapnya.

Artinya, kemenangan dua merek asal Korea itu dikarenakan mereka telah meningkatkan kualitas dalam waktu cepat. Sedangkan apa yang dilakukan oleh merek asal Jepang, masih sekadar perbaikan dari yang ada.


0 comments:

Post a Comment