Friday, June 19, 2015

Kerjasama dengan Suzuki, Malaysia Percaya Bisa Bangkitkan Proton

Kerjasama dengan Suzuki, Malaysia Percaya Bisa Bangkitkan ProtonKuala Lumpur - Proton Holdings Bhd telah menyetujui kerjasama dengan Suzuki Motors Corporation. Kerjasama itu dimaksudkan untuk membuat mobil baru di segmen A.

Menanggapi hal itu, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia, Datuk Seri Mustapa Mohamed optimistis dengan adanya program kerjasama ini. Seperti diberitakan Bernama, Sabtu (20/6/2015), Mustapa percaya, kolaborasi ini bisa membawa nama baik mobil nasional Malaysia, Proton.

"Suzuki memiliki pengalaman yang luas di India di mana mereka mendominasi mobil kompak," katanya.

Mustapa menambahkan, Proton yang belum pernah melakukan riset dan pengembangan mobil kota bisa mendapat keahlian dari Suzuki.

"Sebagai bagian dari Kebijakan Otomotif Nasional (NAP) kami telah mengharapkan bahwa kerjasama ini baik bagi Proton untuk mengidentifikasi mitra asing yang strategis. Ini adalah keinginan saya bahwa (Suzuki) adalah mitra yang akan dapat mendorong Proton menuju lebih baik," ujar Mustapa.

Pada Senin lalu, Proton dan Suzuki menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Lisensi. Keduanya bekerjasama memproduksi mobil Proton di segmen A dalam 16 bulan ke depan.

Dengan kerjasama ini, Proton dibantu oleh akses ke model, platform, powertrain dan teknologi otomotif dari Suzuki.



(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment