Friday, June 19, 2015

Yamaha Belum Tertarik Garap Motor 'Ayam Jago'

 Yamaha Belum Tertarik Garap Motor Jakarta - Motor ayam jago (bebek sport, biasanya berkapasitas 150 cc) saat ini masih diminati konsumen Indonesia. Suzuki sudah punya Satria dan baru-baru ini ada rumor bahwa Honda menyiapkan motor 150 cc yang diadopsi dari motor Honda di luar negeri yakni Sonic.

Namun ternyata, segmen motor ayam jago belum dilirik oleh Yamaha. Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur mengatakan, sampai saat ini pihaknya melihat pasar motor ayam jago yang tidak berkembang.

Yamaha sebelumnya juga punya motor bergaya ayam jago dengan mesin dua tak yakni Yamaha Champ. Menurut Masykur, saat masih menjual Yamaha Champ, market motor di kelas itu pun tidak berkembang.

"Kita belum ada rencana. Karena zamannya 2 tak dulu ada Champ, marketnya segitu-segitu aja. Dan segmentasinya juga segitu-segitu aja. Kita masih belum lihat ada peluang," kata Masykur.

"Yang sifgniifikan adalah saat pasar bebek turun, ternyata penjualan Jupiter MX justru stabil. Makanya kita fokus ke Jupiter MX," lanjutnya.

Masykur menyampaikan, motor ayam jago memiliki kelemahan pada keseimbangan mesin dan rangka bodinya. Kalau rangka bodi tidak terlalu bagus sementara kapasitas mesin lebih besar, motor akan lebih sulit dikendalikan.

"Kita melihat kelemahan ayam jago, kalau frame enggak bagus, enggak bisa belok itu motor. Kalau rangkanya kecil, mesinnya gede, kan jadinya susah belok," katanya.

Meski pasar motor ayam jago ini akan diramaikan kembali, Masykur mengatakan Yamaha tetap mengikuti pendiriannya. "Kita Yamaha tidak mau ikut-ikutan. Kita lebih menunjukkan 'it's me' bukan 'me too'," ucap Masykur.





(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment