Friday, June 19, 2015

Mobil Hyundai Nantinya Bisa Deteksi Ketinggian Tanggul di Jalan

Mobil Hyundai Nantinya Bisa Deteksi Ketinggian Tanggul di JalanJakarta - Adanya alat pembatas kecepatan di jalan atau yang kerap disebut polisi tidur (Tanggul di Jalan) sering membuat kaget beberapa pengemudi yang tidak menyadarinya. Mereka tidak bisa memperkirakan kecepatan yang tepat pada jalan dengan Tanggul di Jalan.

Kini, Hyundai akan menawarkan kenyamanan berkendara dengan teknologi terbarunya. Produsen mobil asal Korea itu telah mematenkan teknologi pendeteksi Tanggul di Jalan.

Seperti dilansir Autoblog, Jumat (19/6/2015), teknologi yang dipatenkan Hyundai ini menggabungkan beberapa bidang teknologi yang ada saat ini. Memanfaatkan GPS, kamera dan beberapa sensor, mobil Hyundai nantinya bisa mendeteksi keberadaan polisi tidur yang semakin dekat.

Secara otomatis, sistem itu kemudian akan mengukur ketinggian, lebar dan kelengkungan Tanggul di Jalan. Dengan informasi yang direkam, software akan menghitung kecepatan yang sesuai saat melewati Tanggul di Jalan.

Jika mobil masih melaju lebih cepat daripada yang direkomendasikan, maka akan ada pesan peringatan yang memberitahu pengemudi agar memperlambat laju mobilnya.

Paten teknologi ini adalah solusi untuk masalah yang tampaknya belum ada selama bertahun-tahun. Namun diperkirakan, teknologi ini bisa sangat berguna untuk aplikasi di mobil otonom, meski Hyundai tidak menyebut demikian.

Sistem ini di masa depan akan membutuhkan kemampuan tambahan untuk memperlambat kecepatan mobil secara otomatis. Dengan begitu, mobil otonom bisa memiliki potensi yang sama dalam menghadapi Tanggul di Jalan.


(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment