Friday, June 19, 2015

Kapasitas Mesin Turun Sedikit, Bagaimana dengan Tenaga Byson FI?

Kapasitas Mesin Turun Sedikit, Bagaimana dengan Tenaga Byson FI?Jakarta - Yamaha telah melakukan serangkaian perubahan pada motor ber-DNA cruisernya, Byson. Kapasitas mesin Byson pun turun sedikit.

Sebelumnya kapasitas mesin Byson dengan karburator sebesar 153 cc. Kini, Yamaha lebih memilih menurunkan sedikit kapasitas mesin menjadi 149 cc pada All New Byson FI.

General Manager Aftersales Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, M Abidin mengatakan, pihaknya menurunkan kapasitas mesin Byson untuk memenuhi standar Euro3. Dengan menurunkan sedikit, motor ini dianggap lebih ramah lingkungan.

"Alasan utama adalah emisi untuk bisa memenuhi Euro3. Karena Agustus semua motor harus Euro3. Dan harus pakai Fuel Injection," ujar Abidin.

Makanya, mesin berkapasitas 149 cc menjadi pilihan yang tepat. Namun, Yamaha tetap mengutamakan keiritan dan performa dari Byson.

"Mesin 149 cc yang pas. Tapi motor ini tetap mengutamakan irit dan juga harus bandel," katanya.

Abidin memang mengakui, dengan cc yang turun sedikit, tenaganya pun menurun. Meski begitu, dia mengklaim, dengan bobot yang lebih ringan, power-to-weight ratio dari motor ini lebih baik.

"Powernya sedikit turun karena cc turun. Tapi karena ada pengurangan berat jadi Power-to-weight ratio lebih baik. Di bagian terutama di magneto, frame dan karbu itu dipangkas hampir 3 kg," ucapnya.




(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment