Tuesday, June 23, 2015

Pertalite Jadi Dijual, Pertamina?

Pertalite Jadi Dijual, Pertamina?Jakarta - Sampai detik ini PT Pertamina (Persero) belum juga meluncurkan bahan bakar jenis baru yang diberi nama Pertalite. Padahal rencananya, Pertalite akan mulai didistribusikan ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pada beberapa bulan lalu.

Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution PT Pertamina (Persero) Muchammad Iskandar mengatakan, Bahan Bakar Minyak varian Pertalite sudah selesai diriset. Dari hasilnya menunjukkan performa dan efisiensi yang jauh baik dibandingkan Premium.

"Untuk peluncurannya tergantung pemerintah, tapi sekali lagi, riset sudah selesai. Mungkin setelah lebaran," kata M Iskandar di sela-sela acara buka puasa bersama media dengan GIIAS di Jakarta.

Ia melanjutkan, nantinya pendistribusian Pertalite akan dimulai di Pulau Jawa terlebih dulu, setelah itu baru akan menyebar ke wilayah lain di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, M Iskandar juga menegaskan jika dalam melakukan riset Pertalite, pihaknya dibantu oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan LAPI (Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri).

"Pertalite akan menggunakan RON90, intinya tetap di atas Premium dan di bawah Pertamax," tuntasnya.

Pertamina sebelumnya membatalkan penjualan bensin beroktan 90 ini pada bulan Mei lalu. Pembatan ini terkait dengan sikap pemerintah soal harga.

Menteri BUMN Rini Soemarno menjelaskan dirinya bersama Menteri ESDM Sudirman Said telah sepakat agar Pertamina mengkaji ulang peluncuran bensin Pertalite. Alasannya Pertamina tidak boleh menghentikan penjualan atau produksi bensin Premium bila harga Pertalite masih di atas Premium.

"Silakan perkenalkan Pertalite tapi kalau Pertalite lebih mahal maka Premium harus tetap tersedia," kata Rini di detikFinance, Kamis (7/5/2015).

Namun sebulan kemudian, Pertamina mengaku sudah mendapat lampu hijau dari pemerintah. Cuma waktu peluncurannya belum jelas.

0 comments:

Post a Comment