Wednesday, June 3, 2015

Risers Mampir ke Tempat Pembuatan Alat Musik Tradisional di Sukoharjo

Risers Mampir ke Tempat Pembuatan Alat Musik Tradisional di SukoharjoSukoharjo - Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam termasuk istirahat makan siang dari Semarang, Jawa Tengah, kini 15 risers di etape ketiga singgah di salah satu tempat pembuatan Gamelan Palu Gongso, Gendengan RT 4 RW 4, Wirun, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah.

"Ini pengalaman pertama saya bisa melihat pembuatan alat musik tradisional (gamelan). Saya jadi tahu bagaimana proses pembuatannya," ungkap salah satu risers yang bernama Gito Wijaya.

Ia mengatakan, hal seperti ini sangat bagus karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan menarik seperti ini. Di Jawa Tengah, banyak juga yang membuat alat-alat musik tradisional seperti gamelan.

Sementara itu, Ion yang merupakan keponakan dari pemilik Gamelan Palu Gongso menuturkan, gamelan dan gong yang diproduksinya ini sudah pernah dikirim ke berbagai negara, terutama Jepang.

"Dulu kita pernah kirim ke semua negara, dulu bapak (sang pemilik) hampir setiap tahun pergi ke Jepang untuk menyelaraskan gamelan di Jepang," ungkapnya kepada detikOto.

Selama di tempat pembuatan Gamelan dan Gong ini, seluruh risers sangat antusias.  Mereka melihat bagaimana proses pembuatan alat musik tradisional ini. Bahkan ada beberapa risers yang mencoba memainkan alat musik tradisional khas Indonesia ini.




(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment