Friday, June 26, 2015

Tarik Jutaan Mobil Gara-gara Airbag Takata, Honda Pangkas Laba

Tarik Jutaan Mobil Gara-gara Airbag Takata, Honda Pangkas LabaTokyo - Honda Motor Company merevisi proyeksi laba operasional untuk tahun kalender yang berakhir Maret tahun depan. Proyeksi dipangkas hingga 19 persen karena banyaknya ongkos yang harus dikeluarkan terkait penarikan jutaan mobil karena airbag Takata yang bermasalah.

Seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (27/6/2015) pabrikan otomotif terbesar ketiga di Jepang itu merevisi laba operasi menjadi 606,88 miliar yen atau sekitar Rp 65 triliun. Sementara, seperti standar akuntansi internasional yang diadopsi Honda, tahun lalu mencapai 670,6 miliar yen atau sekitar Rp 72 triliun.

Awal bulan ini Honda telah merogoh koceknya senilai 44,8 miliar yen atau sekitar Rp 4,79 triliun untuk membiayai perluasan penarikan mobil buatanya di Amerika Setikat terkait airbag Takata yang bermasalah. Airbag Takata ditengarai mengalami masalah pada inflator, sehingga peranti itu mengembang berlebihan dan meledak.

Akibat pecahan komponen inflator yang menyebar sedikitnya delapan orang pengguna mobil Honda tewas. Berkaitan dengan jumlah korban yang bertambah, lembaga yang berwenang dalam lalu-lintas jalan raya meminta Honda untuk memperluas jumlah mobil yang ditarik.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment