Tuesday, July 14, 2015

Audi A8 Generasi Terbaru Bakal Terapkan Teknologi Mobil Otonom

Audi A8 Generasi Terbaru Bakal Terapkan Teknologi Mobil OtonomIngolstadt - Audi telah merintis teknologi mobil otonom selama bertahun-tahun dengan memamerkan beberapa prototipenya. Kini, pabrikan asal Jerman itu mengumumgkan rencana untuk meluncurkan mobil otonom perdananya.

Dalam keterangan resminya, Selasa (14/7/2015), Audi mengatakan, mereka akan menuangkan teknologi mobil otonom untuk pertama kalinya dalam mobil Audi A8 generasi terbaru. Teknologi Piloted Driving ini akan mengontrol kendaraan dalam situasi tertentu.

Masih belum jelas bagaimana teknologi mobil otonom yang akan diterapkan pada Audi A8 terbarunya. Namun, Audi sedang mengembangkan pada dua inovasi kunci.

Pertama, pabrikan yang berbasis di Ingolstadt, Jerman itu mengembangkan sistem parking pilot yang menyaingi BMW dan Mercedes-Benz. Dengan teknologi itu memungkinkan pengemudi untuk memarkir kendaraan dari luar mobil, baik menggunakan remote control maupun aplikasi smartphone.

Teknologi kedua yang dikembangkan Audi adalah 'traffic jam pilot'. Sistem itu memungkinkan kendaraan melaju otomatis saat menghadapi kemacetan.

Selama hampir satu dekade, beberapa pabrikan otomotif mulai menwarkan fitur cruise control yang dapat beroperasi pada kendaraan saat menghadapi lalu lintas stop-and-go. Audi akan menawarkan fitur itu ditambah dengan sistem steering yang memungkinkan mobil mengarahkan sendiri dengan kecepatan hingga 60 km/jam.

Sebelumnya, Audi juga telah menguji teknologi mobil otonom pada prototipe A7. Mobil tersebut sukses menempuh jarak 550 mil (885 km) dari Silicon Valley hingga Las Vegas tanpa intervensi pengemudi. Audi pun sukses mengembangkan mobil tanpa sopir yang bisa ngebut Audi RS 7.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment