Tuesday, July 14, 2015

Begini Cara Aman Menjaga Jarak Saat Mudik

Begini Cara Aman Menjaga Jarak Saat MudikJakarta - Menjaga jarak aman, hal itu adalah konsep terpenting saat berkendara menggunakan mobil, apalagi saat mudik dengan mobil yang berjubel di jalur mudik. Untuk itu, jaga jarak yang disarankan adalah tiga detik dari mobil di depan.

Training Director di The Real Driving Center (RDC), Marcell Kurniawan mengatakan, jaga jarak bukan diukur dari meter. Sebab, hal itu tergantung dengan kecepatan mobilnya.

"Jaga jarak bisa di kecepatan berapa pun. Misalnya kita di 50 km/jam, per detik kita traveling di 14 meter, kalau di 100 kita di 28 meter. Setiap kecepatan, kita bisa lakukan 3 seconds rule," sebut Marcell.

Cara menentukan peraturan tiga detik itu adalah berhitung dengan hitungan detik dengan berpatokan pada satu objek statis. Hitungan 0 adalah saat mobil di depan sudah melewati objek statis itu.

Setelah itu, hitung dengan satuan detik sampai mobil Anda melewati benda statis itu. Kalau hitungannya di bawah tiga detik, sebaiknya tambah jarak agar Anda bisa melakukan pengereman dengan baik.

"Kalau jaraknya pas lewatin objek itu 3 detik, berarti aman. Kalau di bawah 3 detik kurang aman," katanya.

Saat macet pun disarankan tetap menjaga jarak. Caranya adalah, Anda harus bisa melihat bumper belakang atau roda belakang mobil di depan Anda tanpa harus mengubah posisi duduk.


0 comments:

Post a Comment