Tuesday, July 14, 2015

Bingung Pakai BBM Apa? Yuk Baca Brosur atau Manual Kendaraan

Bingung Pakai BBM Apa? Yuk Baca Brosur atau Manual KendaraanJakarta - Banyak dari Anda yang belum paham memilih bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan yang Anda miliki padahal produsen kendaraan bermotor biasanya telah menginformasikan bahan bakar yang sesuai untuk kendaraan dengan cara mencantumkan nilai rasio kompresi di buku manual atau brosur spesifikasi kendaraan.

Dampak yang kurang bagus dari salah memilih bahan kabar, kemungkinan besar mesin kendaraan bermotor anda sering kotor atau bahkan mengalami kerusakan. Berikut adalah tips yang bisa Anda pelajari dalam memilih bahan bakar yang cocok untuk kendaraan Anda.

Perhatikan Rasio Komperasi Kendaraan Anda

Saat Anda membeli kendaraan biasanya pada buku manual atau brosur yang Anda dapat terdapat penjelasan mengenai spesifikasi kendaraan Anda. Yang harus Anda perhatikan adalah tulisan dengan nama “compression ratio” dan perhatikan angka di samping tulisan.

Angka tersebut menunjukkan jumlah oktan (RON) yang harus ada pada bahan bakar yang Anda pilih agar sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan Anda.

88 = Premium
92 = Pertamax
95 = Pertamax Plus

Makin rendah angka RON pada bahan bakar bukan berarti semakin baik. Tapi dapat menimbulkan kerusakan pada mesin dan pemborosan.


0 comments:

Post a Comment