Wednesday, July 29, 2015

Bea Masuk Naik, Pukul Mobil-mobil Eropa dan Amerika

Bea Masuk Naik, Pukul Mobil-mobil Eropa dan Amerika Jakarta - Kenaikan bea masuk akan memukul mobil-mobil impor dari Amerika dan Eropa. Produsen mobil dari negara-negara ini sudah bersiap menaikkan harga jika bea masuk tidak direvisi.

“Minimal menaikkan harga 10 persen, itu paling kecil, karena rate efektif untuk pajak impor itu pada harga mobil 120 persen. Jadi dari harga mobil aslinya di luar negeri sana begitu masuk ke Indonesia, harga mobil akan bertambah 120 persen,” jelas CEO Garansindo Inter Global Muhammad Al Abdullah di Jakarta.

Menurut Al, kenaikan bea masuk tidak hanya akan memukul mobil impor utuh (CBU) saja, tetapi juga mobil dengan kandungan lokal tinggi, karena sebagian komponen masih diimpor. Komponen mobil ada yang diimpor dari negara-negara yang tidak memiliki perjanjian dagang (Free Trade Area) dengan Indonesia.

Karena menyadari begitu sistemiknya kenaikan bea masuk saat pasar tengah mengalami penurunan seperti ini, Al pun tetap mendesak pemerintah untuk merevisi.

Sementara itu, CEO PT Garuda Mataram Motor Andrew Nasuri yang membawa merek VW dan Audi juga memastikan akan menaikkan harga mobil.

“Pasti akan berpengaruh pada harga jual dan volume penjualan ke depan. Tetapi kami akan mempelajari dan melihat perkembangannya terlebih dulu sebelum menentukan kebijakan atau langkah yang akan diambil terutama yang menyangkut harga,” ujarnya kepada detikOto.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment