Wednesday, July 29, 2015

Ini Upaya Toyota untuk Kembangkan Industri Lokal

Ini Upaya Toyota untuk Kembangkan Industri LokalJakarta - Pertumbuhan kelas menengah Indonesia yang tergolong tinggi membuat potensi pasar dalam negeri Indonesia terus berkembang pesat. Sejalan dengan itu, kebutuhan masyarakat terhadap barang-barang industri juga ikut meningkat, antara lain terlihat di sektor otomotif.

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan di sektor ini, khususnya kendaraan roda empat atau mobil tumbuh lebih pesat. Pada 2010 misalnya, penjualan mobil baru tercatat sekitar 764 ribu unit, pada 2014 lalu sudah naik menjadi 1,208 juta unit atau tumbuh rata-rata 20% per tahun.

Tidak heran, berbagai kalangan memperkirakan Indonesia akan menjadi pasar terbesar otomotif di kawasan ASEAN dan sekaligus berpeluang menjadi pemain utama yang kini masih dipegang oleh Thailand.

Sejalan dengan prospek tersebut, setidaknya dalam tiga tahun terakhir sejumlah prinsipal telah meningkatkan investasinya untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Secara keseluruhan, total produksi kendaraan bermotor sudah mencapai 1,2 juta unit per tahun. Dan otomotif pun, telah dimasukan dalam salah satu industri prioritas dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai berlaku pada akhir tahun ini.

Untuk memperkuat posisi daya saing dan sekaligus meningkatkan peran strategis dalam perekonomian nasional, salah satu tantangan terbesar industri otomotif adalah meningkatkan penggunaan komponen lokal.

Seperti diakui oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin, peran industri komponen sangat besar untuk memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional. Oleh karena itu, industri komponen harus menjadi kekuatan industri otomotif nasional. ”Selain mengurangi ketergantungan terhadap impor, pengembangan industri komponen akan memberikan nilai tambah tinggi bagi perekonomian nasional,” katanya dalam sebuah diskusi.


0 comments:

Post a Comment