Wednesday, July 29, 2015

Saklar Starter Relay Rusak, Honda Tarik 33 Model Moge

Saklar Starter Relay Rusak, Honda Tarik 33 Model MogeWashington - Honda mengumumkan penarikan 33 model motor gede (moge) akibat saklar starter relay yang bermasalah. Penarikan ini dilakukan untuk pengecekan sebagai kampanye recall yang diprakarsai Honda.

Menurut Honda, seperti dilansir Autoevolution, Kamis (30/7/2015), saat perakitan saklar starter relay, kemungkinan ada seal yang dipasang dengan tidak benar. Dalam kasus tertentu, hal itu bisa menyebabkan peningkatan resistensi di sekering utama motor sehingga terdapat gangguan arus antara baterai dan sistem listrik.

Jika aliran arus berhenti, motor tidak bisa distarter lagi. Atau, kalau motor dalam kondisi berjalan, mesin bisa stall sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Honda tidak mengesampingkan kemungkinan terbakarnya saklar starter relay karena sekering utama motor dalam kondisi tidak normal. Untungnya, sampai saat ini belum ada insiden kecelakaan yang disebut Honda akibat masalah ini.

Model yang terkena dampak penarikan ini adalah dari jajaran motor Shadow, CTX, Fury, CRF, CB, CBR, dan NC. Motor yang ditarik adalah model tahun 2014, 2015 dan 2016.

Empat dari 33 model moge yang ditarik baru saja diboyong ke Indonesia oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Keempatnya adalah NM4 Vultus, CBR650F, CB500F, CB500X.

Namun, dari 33 jenis moge yang ditarik, model tahun 2016 (yang diproduksi tahun 2015) hanya NM4 Vultus. Artinya, 32 moge lain yang terkena dampak adalah model tahun 2014 dan 2015.

Tidak disebutkan negara mana saja yang terkena dampak penarikan ini. Namun, konsumen pemilik moge Honda tersebut disarankan untuk menghubungi diler Honda. Pihak Honda akan memeriksa saklar starter relay dan menggantinya jika diperlukan.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment