Wednesday, July 29, 2015

Kemarau Panjang Dikhawatirkan Makin Ngerem Laju Penjualan Motor

Kemarau Panjang Dikhawatirkan Makin Ngerem Laju Penjualan MotorJakarta - Kalangan industri sepeda motor Indonesia mengkhawatirkan kemarau di Indonesia yang terjadi di Indonesia sejak April lalu disertai El Nino. Jika itu terjadi hingga November, maka musim panen akan mengalami masalah dan ujung-ujungnya penjualan sepeda motor pun terkena dampaknya.

“Selama ini, dan yang terjadi sejak lama, selalu ada kaitan antara musim panen dengan pembelian sepeda motor. Jika panen bagus, maka penjualan motor akan naik begitu pun sebaliknya,” tutur Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala kepada detikOto di Jakarta.

Menurut Sigit, dampak itu bisa terjadi cukup siginfikan mengingat penjualan sepeda motor terbanyak terjadi di Pulau Jawa yakni sekitar 62-63 persen. Jika ditambah dengan Bali, maka porsinya mencapai 66-67 persen.

“Memang, secara demografis sulit membedakan antara mana pembeli sepeda motor yang berprofesi sebagai petani dan mana yang bukan. Tapi fakta menunjukkan ada kaitan antara musim panen dengan pembelian sepeda motor, terutama di Jawa yang porsinya besar,” paparnya.

Dampak kegagalan panen dinilai bakal semakin menekan kinerja penjualan industri sepeda motor di Tanah Air, yang saat ini juga menurun dibanding tahun sebelumnya.

Data AISI menunjukkan, sepanjang semester pertama atau dari Januari hingga Juni lalu penjualan sepeda motor - baik domestik maupun ekspor â€Â" mencapai 3.256.637 unit.

Jumlah itu menurun 22,76 persen jika dibanding periode yang sama 2014. Catatan asosiasi itu menyebut, sepanjang Januari â€Â" Juni 2014 penjualan sebanyak 4.216.473 unit.

“Saya khawatir jika perkiraan yang menyebut kemarau tahun ini bisa berkepanjangan karena ada fenomena El Nino, dan berlangsung sampai November akan menekan penjualan. Saat ini saja, penjualan masih turun karena daya beli yang belum menguat,” ucap Sgit.

El Nino dan Kekeringan yang Semakin Panjang

(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment