Wednesday, July 29, 2015

Ini Keunggulan Mesin Duramax Terbaru Chevrolet Colorado

Ini Keunggulan Mesin Duramax Terbaru Chevrolet ColoradoDetroit - Dua varian pikap besutan Chevrolet, General Motors (GM), yakni Chevrolet Colorado dan GMC Canyon kini dilengkapi mesin baru Duramax 2.800 cc empat silinder. Mesin diesel terbaru itu diklaim mampu menyemburkan tenaga 181 bhp pada 3.400 rpm dan torsi 500 Nm pada 2.000 rpm.

Pernyataan GM yang dikutip Worldcarfans, Kamis (30/7/2015) menyebut semburan tenaga itu disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi otomatis enam tingkat percepatan. Berbekal mesin bertenaga sebesar itu, kedua varian itu mampu mengusung barang seberat 3.492 kilogram (kg) untuk tipe berpenggerak dua roda dan 3.447 kg untuk tipe berpenggerak empat roda.

Pabrikan itu mengatakan, mesin anyar besutannya itu memiliki beberapa keunggulan. Pertama, mesin ini dilengkapi teknologi injeksi langsung, common-rail, dengan crankshaftdari baja ringan namun kuat. Blok silinder terbuat dari bahan besi yang dikombinasikan dengan kepala silinder DOHC dari bahan aluminium ringan yang keras.

Kedua, mesin ini bisa meminum bahan bakar bio-diesel B20. GM bahkan dengan tegas mengklaimnya sebagai mesin diesel terbersih yang pernah dibuatnya. Hal itu berkat penggunaan teknologi cooled exhaust gas recirculation (EGR) system.

Ketiga, cara kerja mesin itu diklaim lebih halus, minim suara berisik, dan tanpa getaran. Chevrolet menggunakan perangkat converter torsi yang dinamai centrifugal pendulum vibration absorber (CPVA) untuk meredam getaran tersebut.

Perangkat itu meredam atau menyerap massa yang terjadi ketika energi entakan torsi . Walhasil, getaran bisa diminimalkan.

Rencananya, GM menawarkan pikap bermesin baru itu pada misim gugur di tipe Colorado tipe LT dan Z71. Selain itu di GMC Canyon tipe SLE dan SLT Crew Cabin baik yang berpenggerak dua roda maupun empat roda.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment