Wednesday, July 29, 2015

Mercy: Teknologi Injeksi Air Bukan Solusi Optimal Saat Ini

Mercy: Teknologi Injeksi Air Bukan Solusi Optimal Saat IniStuttgart - BMW telah memiliki teknologi baru yaitu sistem water injection atau injeksi air yang diterapkan pada model BMW M4. Namun, teknologi tersebut dianggap sulit diterapkan oleh pesaingnya, Mercedes-Benz.

Seperti dilansir Worldcarfans dari Motoring, Kamis (30/7/2015), salah satu jajaran eksekutif Mercedes-Benz, Thomas Weber mengatakan, mereka tidak berencana menggunakan teknologi yang sama dengan BMW di masa mendatang. Dia menyebut, manfaat yang diberikat teknologi injeksi air tidak setara dengan investasi yang diperlukan.

Mercy memang akan meneliti teknologi ini. Tapi, mereka mengakui bahwa sistem injeksi air terlalui sulit untuk diterapkan ke dalam mobil produksi.

"Masalah terbesar adalah dari mana air berasal. Sejauh ini apa yang kami temukan adalah bahwa kami dapat mendinginkan (suhu mesin) dengan pembakaran. Tapi dari sudut pandang efisiensi, itu bukanlah cara yang optimal untuk dilakukan," kata Weber.

Di sisi lain, BMW menganggap sistem injeksi air akan memberikan tambahan tenaga mesin dan emisi juga lebih rendah. Teknologi injeksi air telah dipasang di BMW M4 untuk safety car MotoGP.

Prototipe BMW Seri 1 dengan mesin 3 silinder berkapasitas 1.5 liter juga bakal memiliki sistem injeksi air. Gosipnya, versi produksi pertama dari BMW yang menggunakan sistem ini adalah M4 GTS yang akan memiliki mesin TwinPower Turbo 3.0-liter.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment