Sunday, August 23, 2015

Awalnya Dikira Tak Bakal Laku, Yamaha R1 Ternyata Malah Diburu

Awalnya Dikira Tak Bakal Laku, Yamaha R1 Ternyata Malah DiburuTangerang Selatan - Meski tak banyak berharap terhadap penjualan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akhirnya memutuskan untuk meluncurkan Yamaha All New YZF-R1, sebab mengira motor gede itu tak bakal laku. Namun, tak dinyana, motor yang hanya ditawarkan 10 unit itu habis terjual beberapa saat sebelum diluncurkan secara resmi.

Ya, tadinya saya pikir tidak laku karena harganya begitu mahal, tapi seperti penjelasan spesifikasi, (ternyata setelah dihitung-hitung) harganya layak, tutur Vice President Director YIMM, Dyonisius Beti, di sela peluncuran motor tersebut di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, ICE-Serpong, Tangerang Selatan.

Pernyataan senada diungkapkan Asisten General Manager Marketing YIMM, Mohammad Masykur. Menurutnya, jika pihaknya pesimistis terhadap penjualan moge itu, cukup beralasan.

Selain pasar motor di Tanah Air yang tengah lesu darah, saat ini nilai tukar rupiah juga terus dlibas dolar yang yang kian gagah. Sementara, di saat yang sama, setelah dihitung-hitung harga yang pas untuk varian All New YZF-R1 dan YZF-R1M, masing-masing Rp 495 dan Rp 645 juta.

Harga sebesar itu yang sudah on the road, masih ditasa berat. Eh, ternyata motor ini diburu penggemar motor CBU (yang dimpor utuh atau Completley Built Up). Sehingga setelah kita ungkapkan Yamaha bakal meluncurkan motor CBU, mereka yang sudah tahu langsung datang ke Yamaha, papar Masykur.

Sehingga, 10 motor yang diminta YIMM dari Yamaha Jepang pun ludes terjual beberapa saat sebelum secara resmi diluncurkan. Bahkan, beberapa orang lainnya, sudah menyatakan berminat.

Kami akan melakukan pendekatan kepada Yamaha Motor agar bisa diberi jatah lagi. Sebbab, motor ini dibuat dalam jumlah terbatas yakni hanya 500 unit dan dipasarkan ke selutuh dunia, kata Masykur.

Menurut General Manager Marketing YIMM, Hendri Widjaja, sejak pertama kali diluncurkan pada 20 tahun yang lalu hingga generasi paling gres, motor itu selalu dibuat dalam jumlah terbatas. Makanya, kita hadirkan masing-masing varian lima unit. Ternyata, animo masyarakat sangat tinggi, sehingga semuanya sudah terjual, paparnya.

Selain jumlah yang terbatas sehingga ekklusif, generasi teranyar Yamaha R1 itu juga mengusung teknologi teknologi Yamaha M1. Teknologi terbaru mesin crossplane, jarak sumbu roda yang pendek serta sistem elektronik yang canggih, mampu meletupkan tenaga dan torsi yang mumpuni.

Motor bermesin 998 cc, dan berbobot kering 179 kilogram (kg) atau bobot basah 199 kg itu bertenaga 200 PS.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment