Sunday, August 23, 2015

Ini Alasan Ford Indonesia Tak Tawarkan EcoSport Tanpa Konde

Ini Alasan Ford Indonesia Tak Tawarkan EcoSport Tanpa KondeTangerang Selatan - Pabrikan asal Amerika Serikat, Ford Motor Company, telah meluncurkan sekaligus menjajakan varian terbaru SUV kecil Ford EcoSport tanpa ban cadangan di pintu belakang alias konde di sejumlah negara. Namun, Ford Indonesia (FMI), hingga kini tak berniat memasarkan varian seperti itu. Apa alasannya?

“Sampai saat ini, kami belum memiliki rencana untuk memasarkannya. Tentu, ada sejumlah alasan mengapa demikian? Kami telah melakukan riset internal,” papar Managing Director FMI, Bagus Susanto, di sela acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, ICE-Serpong, Tangerang Selatan.

Beberapa fakta yang ditemukan oleh FMI, kata Bagus, memang beragam. Pada satu sisi banyak pengguna mobil SUV yang merasa enak jika mobil tanpa menggunakan konde. Tentu mereka memiliki alasan tersendiri. “Misalnya, mengikuti tren atau faktor subyektif lainnya. Kan ini selera ya,” ujarnya.

Di sisi yang lain, banyak juga yang beranggapan dan lebih sreg jika mobil SUV menggunakan ban cadangan di pintu atau konde. Alasannya, selain tampil lebih gagah dan menunjukan karakter khas sebuah SUV, juga faktor kapasitas bagasi.

“Soalnya, bagi mereka, jika ban cadangan diletakan di bagian dalam mobil, maka akan mengurangi keleluasaan di mobil, terutama bagasi. Padahal, masyarakat kita senangnya mobil yang berkabin lapang. Sebab, mereka sering bepergian bersama keluarga atau kerabat dan teman,” jelas Bagus.

Namun, dari fakta yang ditemukan itu, ternyata fakta bahwa orang lebih menyukai SUV dengan ban cadangan di pintu belakang alias konde porsinya lebih besar. Oleh karena itulah, FMI berusaha untuk tetap memenuhi harapan dan keinginan konsumen. “Makanya, hingga saat ini kami belum ada niatan untuk memasarkan varian (tanpa konde) itu,” imbuh Bagus.

Varian Ford EcoSport tanpa konde diluncurkan pada awal tahun ini. Varian itu telah dipasarkan di sejumlah negara, antara lain di negara-negara Eropa, Amerika Latin termasuk Meksiko, dan India.



(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment