Monday, August 24, 2015

Ini Alasan Tata Motors Lebih Fokus ke Kendaraan Komersial di Indonesia

Ini Alasan Tata Motors Lebih Fokus ke Kendaraan Komersial di IndonesiaTangerang Selatan - Jika pabrikan lain yang beroperasi di Indonesia berlomba menggarap segmen pasar kendaraan penumpang, Tata Motors melalui PT Tata Motors Distribusi Indonesia, justru fokus ke segmen kendaraan komersial. Bahkan kendaraan komersial di segmen pedesaaan yang menjadi prioritas. Mengapa?

"Kalau kita lihat di Indonesia ada 50 ribu desa yang sebagian besar telah memiliki industri kecil hingga menengah. Sehingga bagi kami, ini adalah pangsa pasar yang besar karena industri itu tenu membutuhkan sarana angkutan penunjang. Itulah alasan kami,” papar President Director TMDI Biswadev Sengupta, di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015, ICE-Serpong, Tangerang Selatan.

Memang, saat ini kondisi perekonomian Indonesia tengah mengalami pelambatan. Namun, kata dia, justru di saat seperti itulah, pihaknya justru gencar menawarkan kendaraan komersial.

“Mengapa? Karena kami memiliki filosofi tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Kami menawarkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan mereka. Dimana pun, orang tentu ingin kendaraan yang kuat, irit, ongkos perawatannya murah dan mudah, serta harganya murah. Itu semua ada pada kendaraan kami,” paparnya.

Lebih dari itu, lanjut Sengupta, dia juga percaya perekonomian Indonesia segera pulih. Kegiatan bisnis, dalam kondisi apapun tetap harus berjalan, terutama di sektor pertanian, dan perkebunan.

“Kita tahu, Indonesia mempunyai beragam hasil pertanian. Dan itu dibutuhkan banyak orang di dalam maupun luar negeri. Kita harus dukung itu,” ucapnya.

Selain sektor pertanian, Tata Motors juga membidik sektor bisnis kuliner di perkotaan. Kendaraan komersial pikap yang bisa dimodifikasi sebagai warung berjalan pun disediakan.

Sektor tersebut dinilai memiliki potensi yang sangat besar dan tak mengenal krisis. Sebab, dalam kondisi apapun, orang tetap membutuhkan makan. “Sektor kuliner ini terus berkembang dan semakin berkembang di Indonesia, terutama di kota-kota besar,” kata dia.

Sejumlah varian kendaraan komersial Tata saat ini telah dipasarkan di tanah Air, diantaranya Tata Super Ace, Tata Xenon, Tata Ace EX2 dan lain-lain.