Monday, August 24, 2015

Ini Alasan Toyota Pilih 2 Sistem Hybrid di Alphard

Ini Alasan Toyota Pilih 2 Sistem Hybrid di Alphard Tangerang Selatan - Kalau pabrikan lain memilih satu sistem hybrid di setiap varian mobil ramah lingkungannya. Berbeda dengan Toyota yang memilih menempelkan 2 teknologi sistem hybrid yakni series dan paralel hybrid di Alphard Hybrid. Apa alasannya Toyota?

Keputusan menempelkan 2 sistem hybrid ini jelas bukan tanpa alasan. Semuanya dilakukan untuk mendapatkan efisiensi dan performa terbaik pastinya.

"Toyota Alphard hybrid mesin utamanya ialah motor listrik, dan tenaganya sudah akan dirasakan saat pertama kali melakukan perjalanan," ujar GM Technical Service Division PT TAM, Dadi Hendriadi, di GIIAS 2015.

Kenapa Toyota menerapkan 2 sistem hybrid ini, lanjut Dadi, diperumpamakan seperti 1 sepeda motor dengan 2 mesin.

"Karena seperti diketahui kalau sistem hybrid serial, pada dasarnya yaitu kendaraan efisien yang keseluruhannya menggunakan tenaga listrik. Dan mesin bensinnya akan berfungsi untuk mengisi baterai," katanya.

"Sedangkan sistem paralel hybrid, penggerak utamanya mesin bensin untuk membantu saja. Sehingga bahan bakar ini terus terbakar. Oleh karena itu, kedua sistem ini akan berfungsi sesuai dengan kebutuhannya. Semuanya diatur oleh komputer melalui berbagai sensor yang bekerja," tambahnya.

Dirinya kembali menjelaskan, jadi sistem Alphard hybrid ini akan berfungsi saat baterai sudah mulai berkurang sedikit, dimana mesin konvensional mengisi baterai.

"Sehingga dijamin baterai ini tidak akan habis total, dan konsumen hanya butuh waktu sebentar untuk mengisi penuh baterai. Saat macet mesin listrik dan mesin konvensional tidak bekerja. Saat berjalan mesin listrik akan bekerja. Saat baterai mulai habis, baru mesin konvensional bekerja untuk mengisi baterainya," tambahnya.



(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment