Tuesday, August 11, 2015

Juara 1 AHMBS Meneliti Campuran Bensin dengan Minyak Jahe

Juara 1 AHMBS Meneliti Campuran Bensin dengan Minyak JaheJakarta - Astra Honda Motor (AHM) mengadakan program CSR AHM Best Student (AHMBS) yang mengajak pelajar SLTA untuk peduli terhadap bangsa. Para pelajar itu dituntut untuk menghasilkan karya tulis ilmiah dengan inovasinya masing-masing.

Maria Ulfah Marwan, siswi di SMU Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh ini telah berhasil menciptakan terobosan baru terkait penggunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Dia telah membuat karya tulis ilmiah berdasarkan hasil pengujian dan penelitiannya dan berhasil melahirkan bensin dengan campuran minyak jahe dan gas hidrogen.

"Indonesia sebagai penghasil jahe keenam di dunia kenapa tidak kita manfaatkan jahe. Sedangkan gas hidrogen, setelah belajar fisika Maria belajar kayaknya bisa menambah bilangan oktan nih gas hidrogen," kata Maria di Jakarta, Selasa (11/8/2015) malam.

Hasilnya, Maria menemukan bbm jenis premium yang dicampur dengan minyak jahe dan gas hidrogen bisa menambah nilai oktan. Dalam pengujian yang dilakukannya, campuran bensin dengan minyak jahe dan gas hidrogen itu memiliki penguapan 1,4 kali lebih lama ketimbang bensin premium biasa.

"MAria belum hitung pastinya berapa penambahan oktan. Tapi secara teori semakin lama menguap maka oktan semakin tinggi. Sampel bensin murni butuh waktu 25 menit untuk menguap. Sedangkan campuran minyak jahe dan hidrogen sampai 35 menit dengan volume yang sama. Dari situ Maria bisa menarik kesimpulan bahwa pencmapuran ini bisa meningkatkan nilai oktan," katanya.

Campuran bensin dengan minyak jahe sudah diuji oleh MAria. Hasilnya, konsumsi bahan bakar jauh lebih irit.

"Campuran minyak jahe sendiri terbukti lebih irit. Seharusnya dari jarak sini ke sini harus dua kali isi bensin jadi cuma satu kali," ujarnya.

Karena inovasinya ini, MAria sukses menyabet gelar Best of The Best AHMBS 2015. Dia berhak mendapatkan satu unit All New Honda BeAT eSP.

"Motor ini insya Allah dipakai. Kalau SIM Maria udah punya SIM dari beberapa bulan yang lalu," ujarnya.


(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment