Thursday, November 12, 2015

Ford Siapkan Ford Focus RS Versi Paling Hot?

Ford Siapkan Ford Focus RS Versi Paling Hot?Detroit - Ford Motor Company dikabarkan tengah menimbang-nimbang versi anyar dari Ford Focus RS dengan performa yang lebih dahsyat. Tenaga yang disemburkan mesin versi ini diperkirakan lebih dari 345 bhp, dengan kemampuan berlari yang tinggi sehingga berpotensi menjadi hatchback tercepat di dunia.

Seorang sumber di internal Ford yang dikutip Autocar, Kamis (12/11/2015) mengatakan, untuk mewujudkan performa dahsyat tersebut para insinyur Ford tak hanya meracik kembali mesin yang ada. Namun, mereka juga membuat formula baru untuk mengurangi bobot mobil.

Hanya, memang, mereka saat ini masih menghadapi kendala serius terutama untuk proses pendinginan mesin. Maklum, ruang bagi pendinginan mesin 2.300 cc empat silinder yang diimbuhi turbo itu, masih dirasa kurang.

Sedangkan untuk memangkas bobot mobil, sejumlah material pilihan seperti kaca polikarbonat, serat karbon, materai bodi dari plastik, aluminum bakal digunakan. Pemangkasan bobot dan racikan baru mesin itu juga akan diimbangi dengan perangkat transmisi dual clutch versi baru.

Perangkat transmisi termasuk paddle-shift itu disediakan oleh pabrikan kondang dan bereputasi tinggi, Getrag. Namun, mesin yang disebut bakal memiliki torsi hingga 332 lb-ft itu membutuhkan transmisi khusus yang telah disesuaikan.

Maklum, Ford mematok kemampuan akselerasi mobil itu dari kecepatan 0-100 km/jam setidaknya sama dengan Mercedes-Benz A45 terbaru yang diketahui mencapai 4,2 detik dan Audi RS3 yang mencapai 4,3 detik. Adapun, akselerasi Ford Focus RS versi reguler dalam rentang kecepatan itu dicapai 4,7 detik.

Performa dahsyat itu juga akan diimbangi oleh tampilan hatchback tersebut. Pelek misalnya berukuran 19 inci yang dibalut ban Michelin Pilot Sport Cup 2.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment