Wednesday, November 25, 2015

Moge R1 Recall di Pasar Global, Yamaha Indonesia Belum Dapat Informasi

Moge R1 Recall di Pasar Global, Yamaha Indonesia Belum Dapat InformasiJakarta - Yamaha R1 dan R1M ditarik secara global karena sistem transmisinya bermasalah. Namun, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih belum mengetahui mengenai penarikan itu.

Saat dikonfirmasi detikOto, Asisten GM Marketing YIMM, Mohammad Masykur mengatakan, pihaknya belum mendapatkan informasi tentang penarikan tersebut. Jadi, Masykur belum bisa memastikan apakah R1 dan R1M yang ada di Indonesia terkena dampak penarikan atau tidak.

"Kami belum dapat informasinya. Jadi masih menunggu," ujar Masykur saat dihubingi detikOto, Kamis (26/11/2015).

Menurutnya, belum ada informasi dari tim servis yang menyebut R1 dan R1M terkena dampak masalah.

"Saya belum tahu. Informasi dari servis belum ada. Kami kan informasinya dari servis kalau soal policy itu. Jadi maaf saya belum bisa informasikan," ujar Masykur.

Sementara itu, Masykur mengatakan, sejak diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Agustus lalu, yamaha R1 dan R1M terjual sebanyak 10 unit di Indonesia. Namun, YIMM belum mendapatkan keluhan dari konsumennya.

"Masih 10 unit. Ya itu R1 dan R1M. Belum ada keluhan atau apa," kata Masykur.

Untuk sementara, Yamaha menyetop penjualan R1 dan R1M secara global. Dua motor sport Yamaha itu yang sudah berada di tangan konsumen juga ditarik lantaran gearboxnya bermasalah.

Laman Autoevolution, Asphalt and Rubber dan Bikewale, Kamis (26/11/2015), memberitakan, gearbox yang bermasalah bisa berbahaya bagi pengendaranya jika terjadi kegagalan.

Yamaha juga akan segera mengumumkan nomor Vehicle Identification Numbers (VIN) yang terlibat masalah ini dan akan membenahinya.

Dikatakan, transmisi bisa bermasalah jika posisi gigi dinaikkan atau diturunkan secara ekstrem. Dengan begitu, risiko kecelakaan akan mengancam.

Menurut sumber Asphalt and Rubber, penarikan ini berfokus pada roda gigi dua dan pinion yang bisa hancur ketika shifting ekstrem.

Selain masalah roda gigi kedua, roda gigi tiga dan empat juga bisa terdeformasi atau pecah. Hal itu juga sebagai akibat dari penggunaan yang terlalu keras.

Yamaha juga akan meluncurkan kampanye perbaikan pabrikan secara global untuk memperbaiki motor yang terkena dampak. Pabrikan berlogo garpu tala itu juga akan mengganti komponen transmisi dengan biaya yang ditanggung Yamaha.




(rgr/ddn)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment