Tuesday, December 1, 2015

Pengendara Mobil Pertama di Dunia Itu, Wanita!

Pengendara Mobil Pertama di Dunia Itu, Wanita!Jakarta - Pengendara wanita terutama di Indonesia sering dituding tidak terlalu terampil berkendara. Padahal tanpa jasa mereka, mobil mungkin tidak akan berkembang seperti sekarang.

Ya, karena wanita lah yang pertama kali mengendarai mobil untuk jarak jauh. Adalah Bertha Benz, istri dari insinyur otomotif Jerman, Karl Benz, seorang pencipta mobil yang bersama Gottlieb Daimler membentuk Daimler, produsen mobil Mercedes-Benz.

Karl Benz membuat mobil pertamanya pada Desember 1885 dengan paten setahun setelahnya. Mobil itu adalah mobil 1 silinder yang memiliki tenaga hanya 2,5 daya kuda. Mobil memiliki 3 roda, 1 di depan dan 2 di belakang dengan kecepatan maksimum sekitar 40 km per jam sama.

Sayangnya Karl kurang jago menjual mobilnya, sementara orang Jerman lain, Gottlieb Daimler sudah menemukan mobil roda 4 pertama di dunia yang bisa ngebut.

Greget melihat ini, Bertha kemudian nekat mengendarai kendaraan buatan suaminya bersama dua orang anaknya untuk berkunjung ke rumah ibunya di Pforzheim pada bulan Agustus 1888, tanpa sepengetahuan Karl Benz.

Dalam waktu kurang dari 12 jam, Bertha akhirnya sampai setelah melalui jalanan sejauh 104 km dengan aman dan sentosa. Perjalanan Bertha yang historik itu akhirnya diketahui khalayak dan mendapat pujian saat itu.

Perjalanan jauh Bertha membuat banyak orang tertarik dengan mobil buatan Benz dan popularitas Benz mulai menanjak. Dalam kurun waktu sekitar 10 tahun perusahaan Benz menjadi perusahaan mobil terbesar dan bisa menjual ratusan kendaraan.

Seperti apa rupa mobilnya? Dalam beberapa kesempatan Mercedes-Benz Indonesia sempat memperlihatkan replika mobil Bertha. Replika itu bisa Anda lihat di foto di atas. Mobil tiga roda itu masih bisa berfungsi, dan membutuhkan waktu agak lama untuk menyalakannya.


(ddn/lth)

0 comments:

Post a Comment