Tuesday, December 1, 2015

Roborace, Balapan Mobil Tanpa Sopir Digelar 2016-2017

Roborace, Balapan Mobil Tanpa Sopir Digelar 2016-2017London - Kehadiran mobil otonom alias mobil tanpa sopir diyakini tak hanya bakal mengubah cara mobilitas masyarakat sehari-hari, tetapi juga di jenis olah raga balap yang baru. Salah satunya, di ajang lomba balap Formula.

Seperti dilaporkan Daily mail, Rabu (2/12/2015), pengurus lomba balap setingkat di bawah Formula Satu, yakni Formula E, telah menegaskan kemungkinan meluncurkan seri balap bagi mobil tanpa sopir tersebut. Lomba itu nantinya disebut Roborace.

Diperkirakan 10 tim â€Â" masing-masing tim terdiri dari dua mobil otonom â€Â" akan bersaing dalam sbalapan yang berlangsung satu jam selama musim kejuaraan. Kini para pabrikan yang menggarap mobil otonom itu, diharapkan mengikuti balapan di pusat-pusat kota di seluruh dunia sebagai bagian dari pemanasan untuk balapan Formula E.

Semua tim akan memiliki mobil yang sama. Namun yang memdekannya adalah bagaimana membuat algoritma komputasi sendiri secara real-time dan juga dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI).

"Roborace merupakan tantangan terbuka untuk perusahaan paling inovatif di dunia yang fokus pada ilmu pengetahuan dan teknologi," tutur Alejandro Agag, Chief Eexecutive Officer Formula E.

Rencananya Roborace untuk membentuk bagian dari paket dukungan dari FIA Formula E Championship. Musim balapan prertama dijadwalkan berlangsung 2016-2017.

Kini tim Formula E dikabarkan tengah mengembangkan seri itu dengan sebuah perusahaan spesialis balap mobil otonom, Kinetic. "Kami percaya bahwa, di masa depan, semua kendaraan di dunia akan dibantu oleh AI dan didukung oleh listrik, sehingga meningkatkan keramahan terhadap lingkungan dan keselamatan di jalan,” paparnya.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment