Thursday, March 7, 2013

Datsun Gunakan Platform Nissan March

Datsun Gunakan Platform Nissan March Moskow - Merek mobil legendaris Datsun akan segera lahir kembali dan menjelma menjadi merek mobil murah. Salah satu mobil yang akan diluncurkan Datsun dikabarkan akan menggunakan platform yang sama dengan Nissan March.

Ada tiga negara yang akan menjadi tempat lahir Datsun di tahun 2014 mendatang. Negara-negara itu adalah India, Indonesia dan Rusia. Afrika Selatan menyusul setelahnya.

Di negara-negara tadi, Datsun akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing negara.

Karena itulah, besar kemungkinan kalau Rusia kalau Indonesia akan mendapatkan model Multi Purpose Vehicle (MPV) yang memang populer di sini, berbeda dengan Rusia yang kabarnya akan mendapat model mobil sedan. Nah, India yang mobil-mobil seperti city car dan hatchback kemungkinan akan dibuatkan model seperti itu.

Perkiraan ini semakin menguat setelah gambar desain sebuah sedan Datsun yang sedang didaftarkan patennya di Rusia. Dilihat dari sketsa kasarnya, mobil yang memiliki kode nama NKD 2196 ini sekilas pandang mirip sedan Lada Granta.

Hal tersebut memanglah tidak mustahil, sebab Lada Granta merupakan sedan yang dibuat oleh produsen mobil Rusia, AvtoVAZ yang berkolaborasi dengan Renault yang merupakan aliansi Nissan --pemilik merek Datsun-- di dunia otomotif.

The Hindu Business Line, Jumat (8/3/2013) mengabarkan kalau untuk India, platform Nissan Micra/March akan digunakan sebagai basis dari mobil Datsun nanti.

Meski begitu, Senior Vice President & Chief Creative Officer Nissan Motor Co Shiro Nakamura menjelaskan kalau meski mengambil platform mobil Nissan, mobil Datsun nanti akan sangat berbeda dan tidak akan menjadi seperti mobil Nissan yang di 'downgrade'.

"Akan lebih murah, tapi kita tidak ingin membuat sesuatu yang terlihat dan terasa murah. Kami harus memberikan kualitas tampilan tepat tinggi. Tapi itu tidak akan menjadi seperti seperti beberapa model Nissan," jelasnya.

"Mobil Datsun akan mewakili modernitas, namun penting menjaga kualitas tinggi dan umur panjang. Itu akan menjadi arah merek Datsun baru," tambahnya.

Datsun sendiri menurutnya sudah memiliki kekuatan sejarah yang sangat kuat dan tahan lama. Begitu pula daya tarik desainnya.


(syu/ikh)

0 comments:

Post a Comment