Monday, March 18, 2013

McLaren: P1 Mobil Terbaik di Dunia

McLaren: P1 Mobil Terbaik di Dunia Jakarta - Produsen mobil sport, McLaren, belum lama ini memperlihatkan supercar terbaru mereka yang merupakan penerus dari legenda McLaren F1. Pabrikan asal Inggris ini pun sesumbar kalau desain McLaren P1 adalah yang terbaik di dunia.

Executive Chairman McLaren Automotive Ron Dennis memaparkan kalau mobi lyang diperlihatkan di Geneva Motor Show itu dibuat dengan tujuan yang jelas yakni memberikan mobil terbaik bagi pengendara baik di jalanan biasa ataupun di sirkuit.

Untuk mencapai tujuan itu, pengalaman 50 tahun McLaren terutama di bidang teknologi serta karbon dan aerodinamika yang biasa mereka terapkan di dunia balap benar-benar digunakan.

Hasilnya, McLaren P1 memiliki downforce yang sama dengan mobil balap GT3 namun dengan stabilitas yang mumpuni disemua kecepatan.

Mesin V8 berkapasitas 3.8 liter yang dilengkapi dengan twin-turbo mampu menghasilkan tenaga 737 Hp (542 kW) dan torsi puncak 531 lb-ft (720 Nm) untuk menggerakkan roda belakang.

Lebih sempurna lagi, McLaren P1 ternyata tersemat motor listrik untuk membantu pergerakkan roda yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 132 kW atau setara 179 Hp dan torsi yang diklaim mencapai 192 lb-ft (260 Nm). Ketika bekerja bersama-sama, kedua mesin menghasilkan tenaga output 916 Hp (674 kW) dan 663 lb-ft (900 Nm).

Sekedar informasi, teknologi motor listrik pada McLaren P1 disebut Instant Power Assist System atau IPAS, dimana motor listrik tidak bergerak sendiri memutar roda sementara mesin bensin mati. Motor listrik akan menyala begitu mesin bensin dinyalakan.

Nah, tenaga yang diberikan membantu mesin konvensional sehingga tersembur tenaga yang galak. Diklaim oleh McLaren, mobil super tersebut bisa menjangkau berlari dari 0-100 km/jam dalam hitungan kurang dari 3 detik dan kecepatan maksimal yang dibatasi sampai 350 km/jam.

"Kami percaya bahwa McLaren P1 adalah yang paling menarik, berteknologi maju dan yang paling dinamis yang dicapai supercar yang pernah dibuat," kata Direktur Program McLaren P1 Paul Mackenzie.

"Ini mungkin bukan mobil tercepat di dunia dalam hal kecepatan tertinggi, tapi itu (menjadi mobil tercepat) tidak pernah menjadi tujuan kami. Sebaliknya, kami percaya itu adalah mobil produksi tercepat yang pernah ada di sirkuit balap, pernyataan teknis yang jauh lebih penting, dan jauh lebih relevan untuk mengemudi on-road," tambahnya.

"Ini adalah ujian sejati kemampuan supercar ini. Ditambah banyak pemilik akan menggunakan mobil di sirkuit, di jalur khusus dan hari biasa," tuntasnya.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment