Monday, March 18, 2013

Puluhan Lansia Protes untuk Dapat Hak Mengemudi

Puluhan Lansia Protes untuk Dapat Hak Mengemudi Alberta - Banyak kekhawatiran ketika orang lanjut usia masih terus mengemudi. Karena itu di beberapa negara seperti di Amerika dan negera Eropa pengemudi berusia lanjut sudah dilarang dengan alasan keselamatan dirinya dan pengguna jalan lainnya.

Namun karena merasa dibatasi geraknya, beberapa orang lanjut usia protes. Seperti lansia di Alberta, Kanada. Sebanyak 50 orang lansis di Alberta berdemonstrasi di luar sebuah rumah sakit di Red Deer, Alta.

Kehadiran mereka untuk memprotes tes yang membantu menentukan apakah mereka cocok untuk terus memiliki surat izin mengemudi. Menurut hukum Alberta, rumah sakit di sana menentukan apakah seseorang lansia terus mendapat SIM atau tidak.

Pengacara Elder Advocates of Alberta Society, Ruth Adria mengatakan cara yang dilakukan pemerintah setempat tidak berlaku adil. Menurutnya mengapa harus dokter yang merekomendasikan para lansia untuk dapat memiliki SIM seperti dilansir theglobeandmail, Senin (18/3/2013).

Hukum Alberta menyebutkan ketika usia 75 mereka harus menjalani penilaian oleh dokter untuk dapat terus mengemudi menimbulkan respon negatif. Para dokter di sana bekerja adil sesuai aturan yang berlaku dan sangat objektif sesuai kondisi medis pemohon SIM.

Kasus tersebut sering menimpa pada sopir berusia di atas 70. Mereka Dan disarankan untuk mengurangi aktivitas berkendara.

Menanggapi fenomena tersebut, Menteri Perhubungan Alberta Ministry mengatakan yang dokter memutuskan lansia tidak boleh mengemudi dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut.

(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment