Thursday, April 25, 2013

Regulasi LCGC Tak Kunjung Keluar, Miliaran Rupiah Melayang

Regulasi LCGC Tak Kunjung Keluar, Miliaran Rupiah Melayang Jakarta - Regulasi mengenai mobil murah dan ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car hingga kini belum juga keluar. Ada 17.000 mobil murah yang gagal diproduksi karena keterlambatan keluarnya regulasi ini.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang juga merupakan Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman MR pun mengakui ada 'opportunity loss' yang terjadi karena masalah regulasi tersebut.

"Menurut perkiraan kita kan awalnya regulasi ini keluar di pertengahan November, tapi kan kenyataannya hingga April belum keluar," katanya di Jakarta.

"Ketika itu, kita rencanakan untuk bisa mulai produksi di Desember, tapi sampai sekarang karena regulasinya belum keluar kita tidak bisa produksi," tambahnya.

"Nah, kalau kita hitung dari Desember sampai April ini, kita seharusnya bisa produksi 17.000 unit. Itu kalau bicara jumlah, tapi kalau bicara rupiah, kita harus hitung," lugas Sudirman.

Saat ini, Toyota dan Daihatsu sudah bersiap untuk memproduksi dua mobil murah mereka, Agya dan Ayla. Namun, karena regulasi LCGC belum keluar, kedua mobil ini pun tidak jua diproduksi padahal belasan ribu orang sudah antre untuk mendapatkannya.

Kalau satu mobil saja tiap pabrikan mendapat keuntungan Rp 1 juta, dari 17.000 mobil yang tidak jadi di produksi itu maka ada Rp 17 miliar potensi keuntungan yang hilang.

(syu/ikh)

0 comments:

Post a Comment