Tuesday, May 28, 2013

Angela Merkel, Kanselir Pecinta Mobil Listrik

Angela Merkel, Kanselir Pecinta Mobil Listrik Berlin - Konsumen Eropa khususnya di Jerman masih menghindari menggunakan mobil listrik, tetapi Kanselir Jerman Angela Merkel seolah tak peduli. Dia tetap menargetkan untuk membawa satu juta unit mobil listrik ke jalanan di Jerman.

Target itu ingin dicapai Merkel setidaknya sampai akhir dekade ini.

"Anda memiliki seorang kanselir yang mempercayai mobilitas elektrik," ujarnya seperti dilansir Reuters, Rabu (29/5/2013).

Omongan Merkel itu muncul kurang lebih 24 jam setelah perusahaan start up kecil produsen baterai dari Israel, Better Place, menyatakan bangkrut.

Bangkrutnya perusahaan baterai itu seakan menambah kisah buram mobil listrik.

Di Jerman sendiri, baru ada 3.000 unit mobil listrik yang terjual tahun lalu. Angka itu tidak ada apa-apanya dibanding penjualan mobil Jerman yang mencapai 3 juta.

Produsen otomotif Jerman berencana untuk mengucurkan dana sekitar 12 miliar euro dalam 3-5 tahun ke depan untuk mobil dengan tenaga alternatif, termasuk mobil listrik.

"Mengendarai mobil listrik bukan lagi sebuah visi, tetapi realitas," ujar Presiden Asosiasi Pabrikan Jerman (VDA) Matthias Wissmann.

Namun, perkembangan mobil listrik di Jerman di satu sisi agak terhambat karena, Menteri Ekonomi Philipp Roesler menolak untuk memberikan subsidi. Pemberian subsidi mobil listrik sudah lumrah di negara maju seperti Amerika, Prancis dan China. Subsidi diberikan agar penjualan mobil listrik kian moncer.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment