Tuesday, May 28, 2013

Jangan Biarkan Anak Kendarai Mobil Sendiri

Jangan Biarkan Anak Kendarai Mobil Sendiri Jakarta - Mungkin karena tak tega, orangtua memberi izin anak yang beranjak dewasa untuk mengendarai mobil. Namun seharusnya sebagai orangtua yang bijak, mereka tidak membiarkan anak mengemudi seorang diri tanpa surat izin mengemudi.

"Boleh menemani anak mengemudi di ruang lingkup kecil seperti perumahan dan jangan keluar. Ada orang tua yang tidak ada waktu nah itu jangan dikasih kendaraan," kata Psikolog UI Adriana Ginanjar kepada detikOto, Selasa (28/5/2013).

Karena menurut Adriana, orangtua haru tetap memperhatikan perkembangan anak remaja tersebut dimana dia selalu berperilaku impulsif.

"Biasanya mereka anak muda mentalnya belum siap. Yang penting itu kesadaran anak dan mentalnya serta kemampuan disiplin berkendara, seperti tidak panas kalau disalip," ucapnya.

Jujur, lanjut Adriana anak muda memiliki emosi yang cenderung mudah marah. Tentu kondisi ini menentukan sikap anak tersebut, dan bahaya jika dilepas berkendara sendiri. Anak muda seperti Adriana cukup sudah mengendalikan emosinya.

"Sebaiknya orangtua menemani dia. Dan menjelaskan sepeti apa tata krama berkendara," sarannya.

(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment