Thursday, May 16, 2013

Pakai Hands-free Tetap Tidak Aman

Pakai Hands-free Tetap Tidak Aman Jakarta - Banyak orang sadar kalau berkendara saat menelepon adalah hal yang berbahaya karena selain mengganggu konsentrasi, tangan atau pundak akan dibikin ribet untuk memegang ponsel. Di saat ini, banyak yang menganggap hands-free adalah solusi. Namun, studi terbaru mengungkapkan kalau hands-free ternyata tidak lebih aman.

Sebab, meski sudah menggunakan hands-free, potensi pengemudi untuk terganggu konsentrasinya tetap ada.

Hal itu terungkap setelah The Governors Highway Safety Association mencoba menganalisis laporan mengenai gangguan pengemudi dari sekitar 350 laporan ilmiah yang dipublikasikan antara 2000 sampai 2011.

Hasilnya, menggunakan hands-free ternyata masih membahayakan para pengendara. Dari penelitian itu disimpulkan ternyata meski sudah menggunakan hands-free saat berbicara di telepon, pengemudi tetap terganggu konsentrasinya.

Jadi yang paling benar mungkin adalah menghindari penggunaan ponsel saat berkendara.

"Saya sering bepergian, dan tapi bagi saya pantang bermain hp saat berkendaraan. Kalaupun ada telepon masuk, saya minta teman atau orang di sebelah untuk angkat, dan kalau perlu menepi sejenak. Karena saya hanya punya 1 nyawa," ujar Yanwar pada detikOto.

Apa komentar Otolovers tentang penggunaan telepon genggam sambil berkendara? Bagi pandangan anda ke redaksi@detikoto.com

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment