Wednesday, February 26, 2014

Ingin Pakai Premium, Pemilik Mobil Sampai Menyetel Ulang Mesin

Ingin Pakai Premium, Pemilik Mobil Sampai Menyetel Ulang MesinJakarta - Mobil zaman sekarang terutama mobil-mobil mewah mewajibkan penggunaan BBM beroktan minimal 90. Namun saking inginnya mengirit pengeluaran, pemilik mobil mewah ini sampai menyetel ulang mesinnya agar bisa meminum BBM subsidi atau Premium.

"Mesin mobil disesuaikan ulang bisa Oktan 88, sebelumnya pakai oktan 91. Segitunya terjadi di Indonesia," ujar Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM, Mohammad Hidayat pada acara diskusi gas di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan, Kamis (27/2/2014).

Masyarakat berpenghasilan menengah ke atas di Indonesia punya kemampuan untuk membeli kendaraan mewah seperti kendaraan roda empat Alphard. Namun perilaku mereka lebih suka membeli BBM bersubisdi (RON 88) yang berharga murah. Padahal BBM premium dengan RON 88, bisa membuat ketahanan dan kemampuan mobil mewah rentan rusak.

Dari pantauan detikOto, beberapa bengkel di Jakarta pun sudah banyak yang menawarkan jasa memodifikasi mesin agar bisa menggunakan Premium.

"Inilah uniknya konsumen BBM di Indonesia. Mereka mampu beli mobil mahal. Begitu masuk SPBU mikir beli BBM. Mau BMW, Alphard, kalau dikasih bensin (premium) jalan," kata dia.

Akibat fenomena tersebut, anggaran subsidi BBM subsidi di Indonesia terus membengkak. Diperparah dengan bertambahnya penjualan kendaraan roda 2 dan roda 4 yang mencapai jutaan unit per tahun. Padahal pasokan BBM Indonesia masih tergantung dari impor.

"48 juta KL (kiloliter) subsidi BBM di APBN. Artinya pemerintah harus kerja keras kendalikan BBM agar nggak terjadi kelebihan kuota," jelasnya.


0 comments:

Post a Comment