Thursday, February 20, 2014

Pakai Platform Jeep? CEO Maserati: Langkahi Dulu Mayatku

Pakai Platform Jeep? CEO Maserati: Langkahi Dulu MayatkuMilan - Maserati menegaskan kalau mereka akan segera melahirkan Sport Utility Vehicle (SUV) mewah. Namun bos Maserati menegaskan pula kalau mereka tidak akan menggunakan platform Jeep untuk membuatnya.

Maserati tahun lalu berhasil menjual 15.400 mobil di seluruh dunia, meningkat hampir 150 persen dibanding thaunsebelumnya. Kenaikan ini mampu tercapai berkat adanya versi all-wheel-drive pada Maserati Quattraporte dan lahirnya Maserati Ghibli yang lebih kecil dan terjangkau.

Mereka pun masih percaya kalau merek Maserati bakal terus berkembang karena ada jeda ruang di antara merek mobil mewah seperti Ferrari atau Rolls-Royce dengan 'merek mobil mewah biasa' seperti Mercedes-Benz dan BMW.

Karena itu, model baru hendak mereka lahirkan. Fiat yang membawahi Maserati dan Chrysler Group juga telah mengumumkan akan segera mengucurkan investasi untuk pabrik Mirafiori di Turin, Italia yang akan menjadi tempat lahir SUV Maserati.

Fiat juga telah menandatangani kontrak dengan tujuh serikat pekerja untuk peraturan kerja yang fleksibel.

Namun, berbeda dengan banyak laporan sebelumnya, SUV pertama dari Maserati ini tidak akan didasarkan pada Jeep Grand Cherokee.

CEO Maserati Harald Wester seperti dikutip CNN menegaskan kalau mereka tidak akan melakukan hal itu. "Langkahi dulu mayatku," katanya.

SUV milik Maserati sendiri sebelumnya pernah beberapa kali diperlihatkan dalam bentuk konsep dengan nama Maserti Lavante.

Mobil ini merupakan SUV pertama Maserati yang dalam bentuk konsep sebelumnya bernama Kubang. Mobil yang memiliki platform yang sama dengan Jeep Grand Cherokee ini akan mulai diproduksi di 2014 nanti dan kemungkinan bisa dijual setahun setelahnya.

Dari sisi nama, Levante, dalam bahasa Italia berarti 'Timur'. Nama ini dipilih Maserati untuk menghormati sejarah Maserati. Di 1919, Maserati memindahkan perusahaannya ke fasilitas yang lebih luas di Emilia Levante, di Bologna.

Mobil ini merupakan satu dari tiga model yang disiapkan Maserati untuk meningkatkan penjualan total mereka secara global dari 6.300 unit di tahun 2012 menjadi 50.000 unit di 2015 mendatang.


0 comments:

Post a Comment