Thursday, March 13, 2014

Ini Penjelasan Goodyear Soal Ban Bunting

Ini Penjelasan Goodyear Soal Ban BuntingJakarta - Mobil yang tiba-tiba bunting di musim penghujan ini memang bikin pengendara kesal. Berikut penjelasan PT Goodyear Indonesia Tbk mengenai kasus ban bunting yang dialami pengguna mobil BMW X1.

Dari penelusuran Goodyear, ban benjol tersebut terjadi karena mobil membentur lubang di jalanan. Dalam kondisi ini ban merek apapun akan rusak.

Dijelaskan GM Coporate & Marketing Communication PT Goodyear Indonesia Tbk, Wicaksono Soebroto, pengendara mobil harus berhati-hati menghadapi kondisi jalan.

"Jadi ban bunting itu karena mengalami accident, terbentur yang membuat benang-benang (di ban) itu putus. Ban dibuat dari beberapa lapisan. Seperti ban mobil passenger, berbeda dengan ban truk yang dilapisi baja semua. Kalau ban mobil penumpang yang ngebentuknya benang, nylon dan poliester. Di bit (pinggiran ban) baru ada benang baja," kata Wicaksono kepada detikOto.

Menurutnya kalau sambungan benang-benang tersebut putus maka akan merusak ban. Karet ban sendiri tidak bisa menahan beban, dan angin di dalam ban sehingga wajar kalau ban menggelembung.

"Jadi benang putus. Kalau benang putus yang nahan cuma karet. Begitu diisi angin, dia (ban) malah jadi kembung karena enggak ada benang yang nahan karena putus. Benang putus karena ada impact (benturan)," ucapnya.

Wicaksono menambahkan, ban yang membentur trotoar atau jalan lubang terlihat bekas karetnya pada pinggiran pelek. Ban yang membentur trotoar, lubang dan batu maka karet (rubber) akan meninggalkan bekas pada rim.

"Kalau ban kena benturan keras ada bekas karet di rim (pelek). Ketika dia (ban) membentur yang menekan telapak ban dan. Bagian pinggiran lentur. Karena lentur makan akan memberikan marking di pelek. Rubber nempel karena tekanan. Impactnya benang putus karena kegencet. Terlebih kalau kecepatan tinggi. Tekanan impact-nya tambah besar," jelas Wicaksono.

Wicaksono pun menyarankan agar pengendara hati-hati di jalanan mengingat setelah musim hujan ini, jalanan banyak yang bolong-bolong. Kasus ban benjol pun akhir-akhir ini angkanya cukup meningkat.


0 comments:

Post a Comment