Friday, March 14, 2014

Wanita Cantik Ini 'Jenderal' Ford di Eropa

Wanita Cantik Ini Canberra - Dunia otomotif dianggap banyak orang sebagai dunia para lelaki. Namun, ternyata banyak posisi penting di industri ini yang dipegang oleh para wanita.

Industri otomotif memang sempat dibuat kaget setelah Mary Barra menggebrak industri otomotif Amerika Serikat ketika menjadi COO dan CEO perempuan pertama di industri otomotif AS.

Selain Mary Barra di tanah Paman Sam, ada pula Barb Samardzich di benua biru, Eropa. Samardzich merupakan kepala kantor operasi Ford di Eropa yang juga merupakan mantan kepala pengembangan produk dan rekayasa kendaraan global Ford.

Dia --dan Barra-- merupakan salah satu dari sedikit wanita di posisi kunci di industri otomotif global. Dia mengatakan gender bukanlah penghalang.

Kemampuan seseorang, lanjutnya, bukan dilihat dari jenis kelaminnya. "Jadi kemampuan perlu menjadi hakim terbaik," lugasnya di Telegraph, Jumat (14/3/2014).

Samardzich pun percaya akan banyak wanita-wanita lain di posisi kunci di sebuah perusahaan otomotif. Untuk itu, dia mendorong para gadis muda untuk lebih menggeluti matematika dan ilmu pengetahuan lain untuk menunjang karir di bidang ini.

Namun, diakuinya, yang menjadi masalah adalah masih terlalu sedikit wanita yang mempertimbangkan untuk mempelajari teknik mesin. Di Inggris dan AS saja diperkirakan hanya 4-5 persen lulusan teknik adalah perempuan. Di bidang rekayasa, hanya da 17 persen perempuan.


0 comments:

Post a Comment