Wednesday, April 2, 2014

Apa Mobil Teririt di Jepang?

Apa Mobil Teririt di Jepang?Tokyo -

Tidak bisa dipungkiri kalau faktor yang selalu dijual oleh merek-merek mobil Jepang selain teknologi adalah faktor irit bahan bakar. Nah kalau sudah begitu, kira-kira mobil apa yang teririt di Jepang?
Efisiensi bahan bakar kini memang menjadi salah satu faktor penentu yang dipertimbangkan oleh konsumen ketika membeli sebuah kendaraan.

Lembaga IID pun menggelar 'e-Nenpi Award 2013-2014' untuk mencari tahu konsumsi tiap kendaraan secara faktual. Dan hasilnya, Toyota Aqua menjadi yang teririt dengan tingkat efisiensi 22,4 km/liter. Mobil ini merebut dua kategori yakni New Car Model dan Hybrid.

Meski begitu, Suzuki Alto Eco yang secara keseluruhan menjadi mobil teririt dengan tingkat efisiensi 22,6 km/liter.

Total ada 6 kategori yang diperebutkan mulai dari "New Car Model Category", "Gasoline Car Category", "Hybrid Car Category", "Light Car Category", "Imported Car Category" dan "Gas Mileage Achievement Rate Category" yang diambil dari data lebih dari 600.000 pengguna.

Hasilnya, New Car Model Category Top 1 direbut Toyota Aqua (2013 model) dengan 22,4 km/liter. Sementara Gasoline Car Category Top 1 direbut Mazda Demio (Mazda2) Skyactiv dengan tingkat efisiensi 17,5 km/liter dan Hybrid Car Category Top 1 diambil Toyota Aqua (2013 model) dengan 22,4 km/liter.

Di sisi lain ada Light Car Category Top 1 yang disabet oleh Suzuki Alto Eco dengan tingkat efisiensi 22,6 km/liter. Imported Car Category Top 1 direbut Volkswagen Up! dengan 17,9 km/liter dan Gas Mileage Achievement Rate Category Top 1 diambil Subaru Legacy Outback dengan persentase 90 (11,2 km/L).

Bila menggudakan metode JC08 Toyota Aqua paling unggul dengan tingkat efisiensi antara 35,4 km/liter sampai 37 km/liter.

Sedangkan Honda Fit Hybrid ada di tempat kedua dengan tingkat efisiensi 21,0 km/liter. Volkswagen Golf TSI Comfortline mampu meramaikan pasar mobil irit di Jepang dengan tingkat efisiensi 14,5 km/liter.

Di kategori mobil bensin, Demio Skyactiv milik Mazda mampu memperlihatkan tingkat efisiensi 17,5 km/liter.

Sebenarnya, segmen Light Car category yang membuat kaget ketika Suzuki Alto Eco membukukan tingkat efisiensi sampai 22,6 km/liter.  Dengan mesin konvensional mobil ini mampu mengalahkan mobil hybrid.


0 comments:

Post a Comment