Wednesday, April 2, 2014

Bengkel Umum dan Resmi? Seperti Memilih Jodoh

Bengkel Umum dan Resmi? Seperti Memilih JodohJakarta - Bengkel mana yang bagus untuk mobil kita? Pertanyaan ini seperti pertanyaan memilih jodoh. Harus pintar-pintar memilih agar kendaraan jadi tidak malah tambah parah penyakitnya.

Terus bagaimana pendapat pemilik kendaraan di Indonesia? Bagaimana mereka memilih, apakah bengkel umum atau resmi?

"Ya bengkel umum-lah, baru-baru ini saya servis mobil ke bengkel umum ternyata teknisinya jebolan dari bengkel resmi yang sudah bekerja 20 tahun. Hasilnya sangat puas, enggak selamanya yang murah itu tidak berkualitas," ujar Noerdin, dalam surat elektronik pada detikOto.

Pengalaman kurang menyenangkan dengan bengkel resmi dialami juga oleh Ridho Ridwan, saat menyervis mobil ke bengkel resmi, dia merasa mekaniknya kurang jago. Mobilnya selalu goyang saat berada di kecepatan 85 km per jam, namun mekanik di bengkel resmi memintanya untuk mengganti semua ban.

"Saat saya akan ganti ban di bengkel umum saya suruh cek ban yang mana harus diganti, tapi montir bilang bannya masih bagus semua, kemudian dilakukan spooring and balancing tapi enggak ketemu, setelah dicek bagian dalam ternyata pernah diisi cairan silikon atas usulan dr bengkel resmi. Setelah cairan tersebut dibuang semua kemudian di-spooring lagi dan akhirnya ketemu masalahnya, sekarang saya jalan di atas 100 km/jam tetap stabil," ujar Ridho.

Iswan menambahkan sebenarnya dari sisi kualitas tidak ada perbedaan antara bengkel resmi dan umum. "Kalau gue sih males banget nyervis di bengkel resmi cuma mahal doang hasilnya sama-sama aja. Lagian mekaniknya lulusan STM juga jagoan mekanik umum kali pokoknya semua item di bengkel resmi di mark up buat balikin biaya investasi tuh bangkel," ujar Iswan.

Namun pengalaman berbeda dialami Gusdid. Gusdid yang pernah memiliki berbagai jenis mobil ini selalu mendapatkan pengalaman yang tidak baik di bengkel umum, makanya dia sekarang memilih menggunakan jasa bengkel resmi meski lebih mahal.

"Biarpun lebih mahal tetapi faktor keaslian sparepart, standar kerja dan hasil sangat profesional, bahkan bilamana ada komplain langsung dikerjakan tanpa ada biaya tambahan apapun," ujarnya.


0 comments:

Post a Comment