Wednesday, April 2, 2014

Service Mesin di Bengkel Umum Bisa Ditawar

Service Mesin di Bengkel Umum Bisa DitawarJakarta - Pilihan konsumen terkadang jatuh pada bengkel umum ketimbang bengkel resmi yang dikelola APM. Apalagi kalau bukan harga miring untuk sekali perawatan atau perbaikan mesin dan kaki-kaki.

Contohnya tune up Toyota Avanza tahun 2010 (di luar garansi). Soal biaya atau tarif, tak dipungkiri lebih murah di bengkel tak resmi. Untuk bagian ini menghabiskan dana sekitar Rp 250.000 belum termasuk ganti busi.

"Kalau service mesin di bengkel umum sekitar Rp 250 ribu. Dan kalau kita tergantung, ada juga konsumen yang nawar," kata montir Shark, Parto ketika ditemui di tempat kerjanya di jalan H. Nawi Raya No. 42 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Menurutnya, harga tersebut bukan patokan, tidak seperti di bengkel resmi. Ini yang membuat harga service di bengkel umum lebih kompetitif dan relatif murah ketimbang di bengkel resmi.

"Service mesin tune up. Harga tidak bisa dipatok kalau di bengkel umum. Kalau di bengkel resmi ada harga patokannya," ucapnya.

Nah mau tahu, ongkos service di bengkel resmi?

Bengkel resmi terbilang cukup tinggi. Untuk tune up Toyota Avanza tahun 2010, konsumen dikenakan biaya Rp 1,5 juta plus jasa. Dan ini belum termasuk biaya ganti kampas rem.

"Service Avanza 2010 30.000 km, tune up Rp 1,5 juta dengan jasa. Ini belum kampas rem," kata Service Advisor Astrido Toyota Fatmawati, Sahril.

Jenis service dari masing-masing bengkel meliputi pembersihan sistem bahan bakar, pembersihan filter udara, pengecekan busi, baterai aki.

Jadi jelas bukan mana yang tidak menguras isi kantung lebih banyak.

0 comments:

Post a Comment