Wednesday, April 23, 2014

'Indonesia Belum Siap dengan Mobil High Tech'

Jakarta - Di dunia internasional teknologi hybrid dan listrik sudah mulai populer. Namun hal itu tidak terjadi di Indonesia. Dan sepertinya era hybrid dan listrik masih butuh waktu lama untuk menyapa Indonesia.

Direktur Pemasaran PT KIA Mobil Indonesia Hartanto Sukmono menjelaskan kalau sebenarnya KIA sendiri sudah mengembangkan berbagai teknologi terkini.

"Kami sebenarnya punya. Secara global hybrid sudah kami pasarkan. Tapi untuk sebuah negara kan banyak yang harus dipertimbangkan ketika memasukkan sebuah produk," ujarnya.

Alasan-alasan itu menurut Hartanto merupakan alasan-alasan dasar. Salah satu contohnya adalah mengenai harga.

Bila masuk Indonesia harga mobil hybrid dan listrik bisa cukup tinggi. Ini menurut Hartanto akan menjadi persoalan karena akan membuat daya kompetitif mobil-mobil ramah lingkungan menjadi kalah dengan mobil konvensional yang pada akhirnya akan membuat konsumen berpikir untuk membelinya.

Di sisi lain, fasilitas penunjang teknologi seperti tempat pengisian listrik umum juga belum tersedia di Indonesia. Sebagai tambahan lagi, Kementerian Perindustrian memprediksi tahun 2025, Indonesia baru bisa memproduksi mobil listrik.

"Karena itu, untuk teknologi high tech Indonesia sepertinya masih lama," cetusnya.


0 comments:

Post a Comment