Wednesday, April 23, 2014

Beda Tema, V-Ixion dan R15 Bakal Akur

Beda Tema, V-Ixion dan R15 Bakal AkurJakarta - Salah satu kekhawatiran dari kelahiran Yamaha R15 adalah terkait V-Ixion. Apakah nanti R15 dan V-Ixion malah saling membunuh mengingat keduanya menggunakan platform yang sama dengan harga yang tidak terpaut jauh tapi mengusung model yang berbeda?

Pertanyaan itu memang pantas mencuat mengingat V-Ixion dan R15 memang saudara dekat. Karena keduanya dibangun dari platform yang sama. Bahkan mesin keduanya juga sama.

Perbedaan paling mencolok tentu saja ditampilan body-nya. V-Ixion mengambil tema naked bike, sementara R15 punya full fairing.

Sementara untuk jantungnya, mesin R15 berkapasitas 150 cc, 6 percepatan, berpendingin cairan, 4 katup, juga unggul untuk speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), berteknologi DiASil Cylinder, forged piston, Fuel Injection dan low friction technology. Perbedaan di V-Ixion hanya pada transmisi yang digunakan --V-Ixion 5 percepatan-- dan ECU.

Sedangkan untuk harga, V-Ixion dilepas Yamaha dengan harga Rp 23 jutaan dan R15 di angka Rp 28 juta.

"V-Ixion beda tema dengan R15. V-Ixion itu untuk harian, sementara R15 untuk mereka yang ingin showoff. Karena itu, strategi konsumennya juga beda," kata Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manucafturing (YIMM) Dyonisius Beti.

Menurut Dyon, karakter keduanya tidak akan menjadikan mereka malah saling melawan satu sama lain.

Malahan 1,7 juta pemilik V-Ixion sekarang seharusnya senang. "Karena ada next step ketika ingin naik tingkat," cetusnya.

Karena itu, dia pun yakin penjualan R15 tidak akan mengganggu V-Ixion. Apalagi target penjualan R15 terbilang kecil bila dibandingkan dengan V-Ixion.

R15 hanya ditargetkan terjual sebanyak 50.000 unit saja sampai 1 tahun setelah diluncurkan. "Beda sekali dengan V-Ixion. Kalau V-Ixion bisa terjual 50.000 dalam sebulan," tambahnya.

0 comments:

Post a Comment