Wednesday, April 23, 2014

Mainan Baru Militer Amerika

Mainan Baru Militer AmerikaWashington - Ketika Perang Dunia II pecah ada dua mobil yang paling menonjol ketika itu, Willys MB dan Ford GPW. Kecil, lincah, serba guna dan tahan lama. Pecinta otomotif pun banyak yang merindukan mobil seperti Willys MB dan Ford GPW. Militer Amerika Serikat juga merindukan mobil seperti ini dan Boeing membuatnya.

Boeing selama ini mungkin dikenal sebagai produsen pesawat di dunia. Namun, perusahaan ini telah pula meracik mobil untuk militer dan Boeing Phantom Badger adalah hasilnya.

Seperti Willys MB dan Ford GPW, Boeing Phantom Badger dibuat agar mampu lincah bermanuver. Meski terlihat agak lebar, radius putar mobil ini ternyata hampir sama dengan MINI Cooper.

Sementara mesin V6 berkapasitas 3.0 liter yang sudah dilengkapi dengan turbo mampu mendorong mobil ini dengan kekuatan 240 tenaga kuda dan torsi 420 ft-lb. Kekuatan mesin diesel yang dicomot dari Jeep Grand Cherokee ini sudah mampu menggerakkan keempat roda Phantom Badger berlari 128 km/jam di jalan aspal.

Boeing merancang Phantom Badger di tengah kekhawatiran orang-orang militer yang takut pada kemampuan sebuah kendaraan melibas segala medan dan memberikan perlindungan pada penumpang.

Tapi di samping memikirkan kedua faktor tadi, Boeing tetap sadar faktor kecil tapi vital seperti kesederhanaan mekanik, ketersediaan suku cadang global dan bidang servis. Jadi meski mengusung berbagai teknologi terkini, banyak sekai komponen 'mobil biasa' di mobil ini.

"Yang terbaik dari apa yang ada di luar sana hari ini. Ban, baut, sabuk pengaman, sebutkan saja," kata juru bicara Boeing Garrett Kasper di BBC, Rabu (23/4/2014).

Awal April ini Boeing Phantom Badger dikabarkan telah setelah menjalani serangkaian tes penyiksaan yang mencakup pemeriksaan fisik, uji tekanan dan evaluasi struktural. Setelah lulus siksaan, Angkatan Laut Amerika Serikat pun secara resmi memberikan sertifikat pada Phantom Badger untuk menjadi alat transportasi yang bisa diangkut ke dalam perut pesawat Bell Boeing V-22.

Menurut Boeing, Phantom Badger dirancang agar fleksibel. Hasilnya, mobil ini bisa dijadikan mobil pengintai, pencarian atau penyelamatan. Berbagai senjata seperti senapan mesin kaliber .50 mm dan peluncur granat otomatis juga bisa ditempatkan di mobil ini.


0 comments:

Post a Comment