Monday, April 14, 2014

Militer Amerika Kembangkan Motor 'Siluman'

Militer Amerika Kembangkan Motor San Franscisco - Terkadang militer membutuhkan sebuah kendaraan siluman yang tanpa suara untuk berbagai kebutuhan saat pertempuran. Nah, militer Amerika Serikat juga tengah mengembangkan kendaraan seperti ini, bukan hanya mobil, tapi juga motor.

Salah satu yang mendapat kesempatan untuk mengembangkan motor untuk militer Amerika Serikat adalah Logos Technologies. Mereka telah menerima hibah dari DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) sebagai bagian dari Small Business Innovation Research (SBIR).

Untuk militer, Logos Technologies tengah mengembangkan motor hybrid yang mampu berjalan hampir tanpa suara. Bila nanti selesai diriset, motor ini nanti akan bisa diaplikasi oleh militer untuk digunakan untuk berjalan dengan cepat dan diam-diam di medan musuh.

Dalam upaya mengembangkan teknologi ini, Logos Technologies menggandeng produsen motor listrik BRD yang berbasis di San Franscisco. Nanti, platform keduanya akan berkolaborasi untuk menciptakan motor tersebut.

Uniknya, sistem penggerak motor ini kemungkinan adalah two-wheel-drive. Dengan begitu, kedua ban memiliki kemampuan penggerak. Manager of advanced concepts di Logos Technologies Wade Pulliam mengatakan kalau nantinya motor ini akan sangat membantu pasukan Amerika dalam pertempuran.

"Dengan kebutuhan yang berkembang untuk mengoperasikan unit-unit kecil yang jauh dari dukungan logistik, militer mungkin semakin bergantung pada beradaptasi, teknologi yang efisien seperti motor hybrid-listrik ini," katanya.

Kemungkinan besar, mesin konvensional di motor ini hanya akan berfungsi sebagai generator listrik untuk menambah jangkauan motor listrik ini di medan berat yang jauh dari sumber listrik.

"Menawarkan kemajuan namun terjangkau, kami akan memberikan operator kemampuan mendekat diam-diam dan kemudahan pengoperasian, sebuah kendaraan listrik bersama dengan pembangkit listrik yang beradaptasi dan mesin pembakaran internal multifuel," lugas Pulliam di situs resmi Logos Technologies.



0 comments:

Post a Comment