Monday, July 14, 2014

Bagaimana Nasib Mesin Rotary Mazda?

Bagaimana Nasib Mesin Rotary Mazda?Jakarta - Keberadaan mesin rotary Mazda terus dipertanyakan. Sampai saat ini memang belum ada kepastian soal kelangsungan mesin ikonik tersebut meski sudah dipastikan Mazda jika mesin itu masih dalam tahap pengembangan.

Mazda rupanya tidak ingin sang legenda punah begitu saja. Mazda masih terus mengembangkan sembari mencari serum untuk kelanjutkan hidup mesin itu.

Salah satu cara yaitu menggabungkan mesin rotary dengan motor listrik yang kemudian diuji coba pada hatchback Mazda2. Uji coba tersebut dilakukan di Jepang sejak beberapa tahun belakangan ini.

"Pengembangan mesin rotary masih terus dilakukan. Mesin rotary belum akan mati. Saat ini pengembangan terbaru dari mesin rotary sendiri adalah dengan membuat rotary sebagai 'range extended' dari mobi itu sendiri," tegas Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia Astrid Ariani.

Dijelaskan Âstrid nantinya metode yang digunakan adalah 'range extended', dimana mesin rotary menyuplai tenaga ke baterai yang kemudian untuk menjaga motor listrik tetap menyala.

Pada saat uji coba di Jepang, keberadaan mesin rotary 1 rotor kapasitas 300 cc bisa menjaga Mazda2 tetap berjalan. Nantinya mesin rotary menyuplai tenaga ke baterai. Mesin rotary kembali bekerja ketika kondisi baterai 20 persen, dan baterai dipastikan tidak bakal drop.

Sistem hybrid yang terangkum dalam paket 'range extended' ini bekerja cukup sistematis dan hemat bahan bakar minyak.

"Secara teknis mesin rotary terus menjaga baterai tetap dalam kondisi terisi daya. Range extended tidak hanya efisien tapi juga fungsional pada kendaraan masa depan Mazda," yakinnya.




0 comments:

Post a Comment