Monday, July 14, 2014

Mobil Asal Jepang yang Terkena Radiasi Nuklir Masih Beredar

Mobil Asal Jepang yang Terkena Radiasi Nuklir Masih BeredarJakarta - Mobil asal Jepang yang mengandung radioaktif Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, Jepang kembali ditemukan di Bishkek, Kyrgyzstan.

Asal mula ditemukan mobil yang mengandung radioaktif ketika para importir mobil bekas dari Jepang menemukan kejanggalan pada mobil tersebut. Sebanyak 70 mobil bekas yang diimpor dari Jepang dan ditemukan memiliki kadar radiasi.

Mengutip autoweek, Senin (14/7/2014) memang selama tiga tahun terakhir pemerintah setempat berhasil menyita beberapa mobil yang terkena radiasi radioaktif. Dan mobil-mobil tersebut melalui kesepakatan dengan pemerintah Jepang telah dikembalikan ke Jepang, namun ada beberapa mobil yang tidak bisa dikembalikan ke Jepang.

"Mobil-mobil ini tidak dapat dikirim kembali. Baik China maupun Jepang akan menerima mereka. Untuk alasan ini, kita harus menerima mobil-mobil itu di sini dan mengambil langkah selanjutnya," kata Direktur Departemen Pencegahan Penyakit Tolo Isakov dilansir AKIpress.

Pemerintah setempat belum memutuskan apakah mobil yang tidak bisa dikembalikan ke Jepang tetap digunakan atau dimusnahkan. Namun dapat dipastikan bahwa dealer mobil bekas tidak bakal menerima mobil yang terpapar radio aktif dengan alasan kesehatan.

Isakov menyebutkan mobil-mobil yang terpapar telah dikarantina di sebuah tempat penyitaan. Dia tidak menyebutkan tingkat radioaktif pada masing-masing kendaraan.

Mobil bekas Jepang selama ini menyasar Asia Tengah, terutama di Mongolia dan Rusia timur jauh yang merupakan konsumen terbesar dari mobil bekas Jepang.


0 comments:

Post a Comment