Tuesday, July 22, 2014

Jembatan Comal Rusak, Pengiriman Motor ke Jawa dan Bali Terhambat

Jembatan Comal Rusak, Pengiriman Motor ke Jawa dan Bali TerhambatJakarta - Ambruknya jembatan Comal di Pemalang berdampak pada pengiriman motor Honda ke daerah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Hal ini langsung disampaikan Direktur Pemasaran P Astra Honda Motor (AHM), Margono Tanuwijaya, di Sunter, Jakarta Utara (23/7/2014).

"Akses distribusi yang mengarah ke Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali kami terhambat, akibat terputusnya Jembatan Comal," kata Margono.

Bahkan dirinya memperkirakan, dalam hitungan beberapa hari terhambat, maka sekitar ribuan motor Honda belum bisa dikirim ke tangan diler dan pecinta Honda.

"Selama 3-4 hari, bisa mengakibatkan kira-kira sekitar 20.000 an unit tidak bisa terkirim," tambah Margono.

"Jumlah ini lumayan besar mengingat, penjualan dari beberapa daerah itu mencakup 30-40 persen dari total penjualan Honda. Berapa kerugiannya? Tinggal dihitung saja, misalnya satu sepeda motor dihargai rata-rata Rp 15 juta saja," kata Margono.

Wah, bisa dibilang Honda cukup merugi nih, karena nilainya bisa mencapai miliaran rupiah.

Meski demikian alternatif baru pun siap dilakukan Honda demi memenuhi kebutuhan konsumen Honda.

"Alternatif untuk menanggulangi masalah ini, AHM akan menyiapkan rencana, dengan mengalihkan distribusi dari jalur Pantura menuju jalur Selatan. Tapi, alternatif ini bukan tanpa risiko. Tentu jarak tempuh yang berbeda dan karakter jalan membuat pengiriman jadi lebih lama. Tapi, tidak apa-apa," tambah Margono.



0 comments:

Post a Comment