Tuesday, July 22, 2014

Toyota Siap Bawa Masuk Mobil Hidrogen ke Indonesia, Asal Ada Insentif

Toyota Siap Bawa Masuk Mobil Hidrogen ke Indonesia, Asal Ada InsentifJakarta - Toyota sudah memperkenalkan mobil hidrogen FCV (Fuel Cell Vehicle) di Jepang beberapa waktu lalu. Toyota berani membawa mobil ini ke Indonesia asal ada insentif.

"Kemungkinan kami bawa ke IIMS (Indonesia International Motor Show)," ujar General Manager Corporate Planning and Public Relation PT Toyota-Astra Motor Widyawati kepada detikOto.

Namun dia menekankan jika TAM ingin menjual mobil ini ke Indonesia masih cukup berat, dia pun menyaratkan harus ada insentif perpajakan dari pemerintah untuk mobil ramah lingkungan seperti FCV. "Kalau di kita nunggu insentif," ujarnya singkat.

Mobil yang sempat dipamerkan di Tokyo Motor Show 2013 itu akan mulai berada di diler Toyota dan Toyopet di beberapa daerah di Jepang sebelum April 2015. Kemudian mobil akan dikirim ke pasar lain seperti Amerika dan Eropa pada musim panas tahun 2015.

Mobil sedan hidrogen itu untuk setiap tangki hidrogennya terisi penuh maka akan cukup untuk membawa mobil sejauh 700 km. Dan untuk mengisi kembali tangki sampai penuh hanya menghabiskan waktu 3 menit, jadi lebih cepat dibandingkan harus mengisi baterai mobil listrik.

Mobil hidrogen pun sangat ramah lingkungan karena dari sistem pembuangannya hanya mengeluarkan air saja, sebagai hasil reaksi antara hidrogen dan oksigen.

Toyota sudah mengembangkan mobil sel bahan bakar atau hidrogen sejak 20 tahun yang lalu. Sistem sel bahan bakar Toyota terdiri dari FC Stack, yang menghasilkan tenaga listrik dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen, serta sebuah tangki hidrogen bertekanan tinggi.

Mobil hidrogen mulai mengalami perkembangan pesat di 2002. Tahun itu Toyota mulai menyewakan mobil Toyota FCHV, sebuah SUV.


0 comments:

Post a Comment